Rofiqoh, Syifaur (2024) Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga (Snakes and Ladders) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas VII di MTs. Khoirul Ulum Tambelangan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_Cover_PAI.pdf Download (39kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_Halaman Persetujuan_PAI.pdf Download (73kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_Halaman Pengesahan_PAI.pdf Download (82kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_Abstrak_PAI.pdf Download (6kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_Daftar Isi_PAI.pdf Download (77kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_BAB 1_PAI.pdf Download (178kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_BAB 2_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_BAB 3_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_BAB 4_PAI.pdf Download (297kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_BAB 5_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (73kB) |
|
Text
Syifaur Rofiqoh_20381012138_Surat Pernyataan Keaslian_PAI.pdf Download (7kB) |
Abstract
Kata kunci : Media Ular Tangga (Snakes and Ladders), Keaktifan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses media pembelajaran ular tangga (snakes and ladders) dalam meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas VII di MTs. Khoirul Ulum Tambelangan Sampang (2) peningkatan respon siswa yang diterapkan media ular tangga (snakes and ladders) dalam meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs. Khoirul Ulum Tambelangan Sampang sebanyak 18 siswa. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data yang dikumpulkan menggunakan tes, wawancara, observasi, dokumentasi, instrumen pengumpulan data menggunakan tes, lembar pengamatan, angket. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan 1) proses penerapan pembelajaran media ular tangga (snakes and ledders) mampu meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas VII MTs. Khoirul Ulum Tambelangan Sampang. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil yang diperoleh siswa pada setiap tahap, pada tahap pra siklus hasil yang diperoleh hanya 33,33%, kemudian setelah diterapkan media ular tangga (snakes and ladders) dilihat dari nilai rata-rata terdapat siklus I sedikit peningkatan memperoleh hasil skor 77%, peningkatan terjadi siklus II dengan jumlah 91%. sehingga dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran ular tangga (snakes and ladders) dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VII MTs. Khoirul Ulum Tambelangan Sampang dikatakan meningkat dan efektif. 2) Peningkatan respon siswa dalam angket kuesioner siswa kelas VII memperoleh 88% siswa senang dan 12% siswa tidak senang dengan penerapan media ular tangga (snakes and ladders) siswa dikatakan meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:19 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6942 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |