Amina, Siti (2024) Penerapan Metode Takrir Dalam Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Bagi Santri Ponpes As-Syahidul Kabir Sumber batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012132_Sampul_PAI.pdf Download (190kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_LembarPersetujuan_PAI.pdf Download (93kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_Lembar Pengesan_PAI.pdf Download (119kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_Abstrak_PAI.pdf Download (206kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_Daftar Isil_PAI.pdf Download (172kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_BAB I_PAI.pdf Download (243kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_BAB IV_PAI.pdf Download (303kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (178kB) |
|
Text
Siti Amina_20381012132_lembar Penyataan Keaslian_PAI.pdf Download (129kB) |
Abstract
Kata Kunci : Penerapan, Metode Takrir, Menghafal A-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan pada metode takrir dalam proses penghafalan alQur’an di pondok pesantren As-Syahidul kabir Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. menghafal al- Qur’an tidaklah mudah karena banyak faktor yang bisa menjadi alasan tidak bisa menghafal al-Qur’an seperti faktor teman, tidak bisa mengatur waktu, lingkungan, rasa malas. Sehingga peneliti menggunakan metode takrir karena dengan adanya takrir santri mudah menghafal dan bisa menjaga hafalan sebelumnya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana proses penerapan metode takrir dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an? Kedua, bagaimana kualitas hafalan santri setelah penerapan metode takrir di Pondok Pesantren? Ketiga, apa saja faktor penghambat dan pendukung metode takrir dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian menggambarkan penerapan metode takrir dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an bagi santri di pondok pesantren As-Syahidul kabir Sumber batu Blumbungan larsangan Pmekasan. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah Pondok pesantren Sumber Batu. Dengan subjek penelitian meliputi, Pengasuh, Ustadzah dan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, siswa mentakrir setip hari dan disimak langsung oleh ustadzah, santri menggunakan metode takrir santri bisa dan mudah menghafal al-Qur’an karena tujuan dari metode metode takrir itu sendiri supaya menjaga hafalannya dengan baik dan benar. Metode takrir yang dilakukan bersama teman, bertujuan supaya mengetahui hafalan al-Qur’an yang lama atau yang baru sudah lancar atau belum hafalannya sebelum disetorkan kepada ustadzah dan Kyai. Kedua, mengenai Kualitas hafalan santri bertujuan mengingat dan juga meningkatkan kualitas bacaan (Makhorijul huruf) benar dan tepat. Ketiga, Mengenai faktor pendukung dan penghambat ada beberapa faktor pendukung dalam metode takrir yaitu adanya peran orang tua, istiqomah,tempat menghafal. Sedangkan faktor Penghambat yaitu mengenai faktor teman dan juga rasa malasa santri ketika menghafal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:28 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6943 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |