Penerapan strategi pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean

Wahdaniyah, Wahdaniyah (2020) Penerapan strategi pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL-WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (114kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (174kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4 ABSTRAK-WAHDANIYAH 18201501050102.docx

Download (32kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR-WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI-WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7 BAB I-WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (152kB)
[img] Text
8 BAB II-WAHDANIYAH 18201501050102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
9 BAB III-WAHDANIYAH 18201501050102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
10 BAB IV-WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (450kB)
[img] Text
11 BAB V-WAHDANIYAH 18201501050102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (126kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (152kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - WAHDANIYAH 18201501050102.pdf

Download (41kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Team Quiz, Keaktifan Siswa, IPS. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran berdasarkan data pengamatan terhadap siswa dan wawancara dengan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz. Ada dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean. Kedua, Bagaimana hasil dari peningkatan keaktifan siswa kelas IV SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean setelah diterapkannya strategi pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean yang berjumlah 11 siswa. Akan tetapi, 1 siswa lainnya tidak bisa mengikuti pembelajaran dikarenakan harus mendapatkan bimbingan khusus dari guru khusu. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Penerapan strategi pembelajaran Team Quiz di kelas IV SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean sangat membantu siswa dalam belajar dengan suasana yang menyenangkan karena dengan pembelajaran Team Quiz siswa dituntut untuk aktif dalam diskusi kelompok maupun dalam kuis kelompok. Pada siklus I siswa masih kebingungan dan kurang antusias dalam kuis kelompok dikarenakan strategi ini baru pertama kali diterapkan di kelas IV sehingga banyak siswa yang belum mencapai KKM. Beberapa siswa sibuk dengan kegiatannya masing-masing sehingga suasana belajar tidak kondusif. Pada siklus II siswa sudah aktif melakukan diskusi kelompok dan bertanya jawab dengan kelompok lain dalam penerapan strategi pembelajaran Team Quiz ini. Sehingga hasil belajar siswa sudah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penerapan strategi pembelajaran Team Quiz yang diperoleh pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar siswa mencapai 50% meningkat 20% dari hasil belajar pra siklus yaitu 30%. Sedangkan hasil penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada siklus II persentase sebesar 80%. Meningkat 30% dari siklus I. Oleh karena itu, perubahan dalam proses pembelajaran itu perlu dilakukan, agar siswa tidak merasa bosan, jenuh dan tetap bersemangat untuk mengikuti pembelajaran sehingga keaktifan siswa akan terus meningkat. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru jika selalu bahkan terus menerus digunakan tanpa adanya inovasi maka tentu akan menjadi penyebab kurang aktifnya siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dan semangat siswa dalam pembelajaran di kelas akan menurun. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:40
Last Modified: 04 Feb 2021 07:40
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/695

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item