SA’DIYAH, HALIMATUS (2024) Implementasi Metode Index Card Match dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI Materi Akidah Akhlak di SMPN 3 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012164_SAMPUL.pdf Download (117kB) |
|
Text
20381012164_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text
20381012164_HALAMAN PENGESAHAN.pdf.pdf Download (157kB) |
|
Text
20381012164_ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
20381012164_DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
|
Text
20381012164_BAB I.pdf Download (139kB) |
|
Text
20381012164_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
Text
20381012164_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
20381012164_BAB IV.pdf Download (596kB) |
|
Text
20381012164_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
Text
20381012164_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) |
|
Text
20381012164_KEASLIAN TULISAN .pdf Download (89kB) |
Abstract
Kata Kunci: Index Card Match, Pendidikan Agama Islam, Akidah Akhlak Guru tidak hanya dituntut professional akan tetapi guru harus bisa memilih atau menggunakan sumber belajar, metode dan pendekatan belajar yang tepat agar siswa tertarik dan mampu memahami pembelajaran. Salah satu metode Index Card Match dalam materi Akidah Akhlak dapat digunakan sebagai metode pembelajaran. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelian ini, yaitu : 1) Bagaimana penggunaan metode Index Card Match dalam peningkatan hasil belajar siswa-siswi dalam mata pelajaran PAI materi Akidah Akhlak di SMPN 3 Pademawu Kabupaten Pamekasan?, 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan metode Index Card Match dalam peningkatan hasil belajar siswa-siswi dalam mata pelajaran PAI materi Akidah Akhlak di SMPN 3 Pademawu Kabupaten Pamekasan?, 3) Bagaimana hasil belajar siswa-siswi dalam mata pelajaran PAI materi Akidah Akhlak di SMPN 3 Pademawu Kabupaten Pamekasan dengan penerapan metode Index Card Match?. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh menggunakan metode wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Informan (narasumber) diperoleh dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan : Pertama, Penggunaan metode ICM yaitu mengulang materi pelajaran sebelumnya dengan cara mencocokkan kartu tentang materi Akidah Akhlak, Metode ICM terdapat dua jenis kartu yaitu kartu berisi pertanyaan dan kartu berisi jawaban, masingmasing kartu berjumlah separuh dari siswa di dalam kelas. Kedua, Kelebihan Metode ICM yaitu dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran materi Akidah Akhlak, menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, menumbuhkan suasana pembelajaran dalam kelas menjadi lebih aktif, bersemangat dan menggembirakan, menjadi solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa sesuai tujuan pembelajaran. Sedangkan Kekurangan Metode ICM yaitu Guru membutuhkan waktu cukup lama dari biasanya dalam mempersiapkan pembelajaran begitu juga dengan proses penyelesaian tugas siswa, membuat suasana kelas menjadi ramai dan cenderung dapat mengganggu kelas lain. Ketiga. metode ICM dapat meningkatkan hasil belajar siswa-siswi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:15 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:15 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6950 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |