Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di SMKN 1 Pamekasan

Haq, Mohammad Diniel (2020) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di SMKN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. COVER-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf

Download (119kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf

Download (113kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf

Download (213kB)
[img] Text
4. ABSTRAK-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).doc

Download (31kB)
[img] Text
7. BAB I-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf

Download (315kB)
[img] Text
8. BAB II-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
9. BAB III-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
10. BAB IV-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf

Download (336kB)
[img] Text
11. BAB V-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
12. DAFTAR RUJUKAN-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf

Download (219kB)
[img] Text
13. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-MOHAMMAD DINIEL HAQ (20160701090092).pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru BK dalam menangani siswa yang interaksi sosialnya rendah, dengan menjadikan SMKN 1 Pemekasan sebagai lokasi penelitian. Ada dua fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana upaya guru BK dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di SMKN 1Pamekasan?; 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di SMKN 1Pamekasan?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah Descriptif Analysis.Untuk memperoleh data, maka digunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan beberapa upaya meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verifying). Selanjutnya, demi menjamin validitas dan keabsahan data yang diperoleh, maka dilakukan teknik triangulasi yang meliputi teknik tringulasi sumber dan teknik tringulasi teori. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian tentang upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di SMKN 1 Pamekasan adalah: 1) Memberikan Layanan individu; 2) Layanan bimbingan kelompok; 3) Layanan konsultasi; 4) Home visit. Adapun strategi Guru BK dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk anak yang interaksinya rendah adalah: 1) Bekerja sama dengan wali kelas, wali murid, dan siswa; 2) Adanya bimbingan kelompok yang berbentuk diskusi.Sedangkan faktor penghambat dan pendukung upaya guru BK dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di SMKN 1 Pamekasan adalah: 1) Faktor pendukung yaitu: a) Dukungan dari pihak sekolah, dalam hal ini kepala sekolah, wali kelas, dan guru terutama guru BK; b) Dukungan sarana dan prasarana yang memadai; c) Dukungan wali murid dan siswa. 2) Faktor penghambat yaitu: a) Siswa cendrung tertutup; b) Keterbatasan waktu; c) Sikap wali murid yang tidak terlalu peduli terhadap permasalahan anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:18
Last Modified: 20 Dec 2022 02:10
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/70

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item