Pengaruh Promosi dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Tabungan Mudharabah (TABAH) di KSPP. SYARI’AH BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean Pamekasan

Fitriani, Dian (2024) Pengaruh Promosi dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Tabungan Mudharabah (TABAH) di KSPP. SYARI’AH BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_cover_PBS.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Dian Fitriani _20383022013_Halaman Persetujuan _PBS.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Dian Fitriani_20383022013_Halaman Pengesahan _PBS.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_abstrak_PBS.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_daftar isi_PBS.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_Bab I_PBS.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_BAB IV_PBS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
Dian Fitriani_20283022013_daftar pustaka_PBS.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Dian Fitriani _20383022013_Pernyataan Keaslian tulisan _PBS.pdf

Download (140kB)

Abstract

Kata Kunci: Promosi, Bagi Hasil, Keputusan Menjadi Anggota, Tabungan Mudharabah Persaingan lembaga keuangan di Indonesia semakin ketat, baik itu makro maupun mikro, khususnya lembaga keuangan Mikro syariah, dengan semakin ketatnya persaingan, menuntut seluruh lembaga keuangan untuk menciptakan dan menyiapkan stategi khusus agar supaya tidak kalah bersaing dengan para pesainya, khususnya lembaga keuangan sepeti BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean yang perlu untuk menyiapkan stategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran, salah satu caranya dengan meperhatikan promosi dan Bagi hasil. Dengan adanya promosi dan bagi hasil yang baik Akan bisa mempengaruhi calon anggota agar tertarik untuk bisa bergabung dan menabung di BMT NU Jawa Timur cabang Pasean Pamekasan. Promosi adalah pertukaran informasi antara penjual dan konsumen dengan tujuan mempengaruhi sikap dan perilaku pihak-pihak yang sebelumnya tidak pernah berinteraksi dengan mereka agar cukup mengenal menjadi pembeli sekaligus tetap menjaga ingatan mereka terhadap produk tersebut. Bagi Hasil (Profit sharing) dalam kamus ekonomi diartikan pembagian laba Hasil Usaha. Jadi Persentase keuntungan yang diterima Shahibul Mal dan Mudharib disebut pembagian keuntungan, dan diputuskan berdasarkan kesepakatan bersama. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni penelitian yang menggunakan angka-angka yang dijumlahkan sebagai data yang kemudian di lakukan analisis. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang dilakukan menggunakan hubungan kausal yang bersifat sebab akibat. Hasil dan Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Variabel Promosi (X1) memberikan pengaruh terhadap keputusan menjadi anggota Tabungan Mudharabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean, dengan nilai nilai thitung (4,542)> dari ttabel (1,985) dan Nilai Sig. (0,000) < sig. (0.05). 2) Variabel Bagi Hasil X2 berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota Tabungan Mudharabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean, nilai thitung (2,472)> ttabel (1,985) dan nilai Sig. (0,015) < Sig (0.05). Secara simultan promosi dan bagi hasil berpengaruh Positif terhadap keputusan menjadi anggota Tabungan Mudharabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean, dengan nilai fhitung (16.153) > dari Nilai ftabel (3.9) dan Sig. (0,000) < (0.05), dan hasil koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R square sebesar (0,240) atau 24%. artinya pengaruh yang di berikan dari variabel promosi dan bagi hasil terhadap variabel Keputusan Menjadi Anggota sebesar 24% sementara 76% di pengaruhi oleh variabel variabel lainnya yang tidak di bahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:21
Last Modified: 02 Oct 2024 07:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7005

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item