Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Strategi Pemasaran Terhadap Minat Menabung Sembako di Koperasi Milenial Berdikari Madura (MBM) Kabupaten Pamekasan

Yulianti, Novi Dwi (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Strategi Pemasaran Terhadap Minat Menabung Sembako di Koperasi Milenial Berdikari Madura (MBM) Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_COVER_PBS.pdf

Download (211kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383033094_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PBS.pdf

Download (41kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_LEMBAR PENGESAHAN_PBS.pdf

Download (93kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_ABSTRAK_PBS.pdf

Download (82kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_DAFTAR ISI_PBS.pdf

Download (11kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_BAB I_PBS.pdf

Download (491kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_BAB IV_PBS.pdf

Download (773kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383022094_DAFTAR PUSTAKA_PBS.pdf

Download (402kB)
[img] Text
NOVI DWI YULIANTI_20383033094_SURAT_PERNYATAAN KEASLIAN_DAN_PERSETUJUAN PUBLIKASI_PBS.pdf

Download (69kB)

Abstract

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran, Minat Menabung. Kondisi ekonomi yang fluktuatif pasca pandemi COVID-19 memicu respons dari Koperasi Milenial Berdikari Madura (MBM) Kabupaten Pamekasan. Koperasi ini responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan gejolak ekonomi dengan merancang program tabungan sembako guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi lonjakan harga pangan. Tabungan sembako dijalankan oleh Koperasi MBM sebagai solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan pangan. Koperasi Milenial Berdikari Madura dipilih sebagai objek penelitian, dimana peneliti ingin mengulik faktor keberhasilan program tabungan sembako di koperasi MBM, terutama dalam menarik minat dan partisipasi nasabah. Berdasarkan observasi yang dilakukan, ada beberapa layanan dan strategi yang dikembangkan oleh koperasi MBM untuk meningkatkan minat menabung nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Sumber Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan teknik Insidental Sampling sebanyak 84 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket) dengan skala likert. Analisis data dilakukan dengan program SPSS. Hasil uji F (uji simultan) diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sebesar 50,037 > 3,11 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan strategi pemasaran jika diuji secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung sembako di Koperasi Milenial Berdikari Madura (MBM) kabupaten Pamekasan. Nilai R Square diperoleh sebesar 0,553 atau 55,3%. Variabel Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menabung sembako di Koperasi Milenial Berdikari Madura (MBM) kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memiliki nilai thitung (2,107) > ttabel (1,989) dengan nilai signifikan sebesar 0,038 < 0,05. Sedangkan Variabel Strategi Pemasaran (X2) memiliki nilai thitung (4,091) > ttabel (1,989) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Variabel Kualitas Pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung sembako di Koperasi Milenial Berdikari Madura (MBM) kabupaten Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:01
Last Modified: 10 Oct 2024 03:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7060

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item