Rohli, Moh. (2024) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemanfaatan TIK Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khalili Sumber Bungur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MOH. ROHLI_20381051022_SAMPUL_PGMI.pdf Download (36kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf Download (84kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (153kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (8kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (226kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_BAB I_PGMI.pdf Download (272kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_BAB IV_PGMI.pdf Download (358kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (400kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (400kB) |
|
Text
MOH. ROHLI_20381051022_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf Download (167kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Pemanfaatan TIK Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu produk dari orang-orang terdidik, dan orang-orang tersebut pada gilirannya perlu belajar lebih banyak dan dapat menjadikan dirinya sebagai korban dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan TIK terhadap kualitas pembelajaran Siswa Kelas IV MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen pada penelitian ini berupa observasi (keterampilan guru dan aktivitas siswa), wawancara, tes (ujian tulis), dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MI Al-Khalili Sumber Bungur. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian berupa aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan membaca pemahaman menggunakan pemanfaatan TIK pada pra siklus 37,5% (Kurang), siklus 1 persentase 43,75% (Kurang), dan pada siklus 2 meningkat dengan persentase 87,5% (Baik Sekali), dimana hasil belajar siswa meningkat 43,75% dari nilai 50 menjadi 76 Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Keterampilan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan membaca pemahaman menggunakan pemanfaatan TIK pra siklus 41% (Kurang), siklus 1 berpersentase 53,75% (Kurang), dan pada siklus 2 meningkat dengan memiliki persentase 88% (Baik Sekali). Hasil belajar siswa pra siklus (0%), siklus 1 (9,09%), dan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan memiliki nilai persentase (81,81%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan TIK mengalami peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas IV MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7074 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |