Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Pada Siswa VII di SMPN 5 Pamekasan

Khairuddin, Ach Madani (2020) Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Pada Siswa VII di SMPN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ach Madani Khairuddin_20160701070003_Cover_TBIN. Pdf.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_Lembar_Persetujuan_PembimbingTBIN.Pdf.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_Lembar Pengesahan_TBIN.Pdf.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_20160701070003_Daftar_Isi_TBIN.pdf.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_20160701070003_BAB 1_TBIN.pdf.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_20160701070003_BAB II_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_20160701070003_BAB III_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_20160701070003_BAB IV_TBIN.pdf.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_20160701070003_BAB V_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_20160701070003_Daftar_pustaka__TBIN.pdf.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Ach Madani Khairuddin_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan persetujuan publikasi_TBIN.Pdf.pdf

Download (105kB)

Abstract

Kata Kunci: Media, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran. Media pembelajaran adalah suatu hal yang lumrah digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi serta membantu siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan. Ada tiga fokus masalah dalam penelitian ini, pertama adalah tentang bagaimana langkah-langkah penggunaan media audio visual pada pembelajaran keterampilan berbicara kelas VII di SMPN 5 Pamekasan. Kedua adalah bagaimana hasil pembelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkannya penggunaan media audio visual pada pembelajaran keterampilan berbicara, dan yang ketiga adalah apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media audio visual pada keterampilan berbicara kelas VII di SMPN 5 Pamekasan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kualitatif sebagai pendekatan penelitian dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya adalah kelas VII-F di SMPN 5 Pamekasan dengan peneliti sebagai instrumennya. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga prosedur, yaitu wawancara. Observasi, dan dokumentasi. Peneliti kemudian menganalisis data dengan cara Reduksi Data yaitu merangkum, pengelompokan, memilih hal-hal yang pokok dan memfokuskan pada hal-hal yang penting, kemudian menyajikan data untuk menyederhanakan data serta memudahkan peneliti memahami apa yang terjadi, dan yang terakhir Penarikan kesimpulan data dan verifikasi data yang bertujuan untuk validitas data yang telah terkumpul di lapangan dan untuk menarik kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa langkah penggunaan media yang digunakan, yaitu guru mempersipakan media yang akan digunakan serta melatih konsentrasi siswa, lalu guru menyampaikan materi dengan menggunakan slide, kemudian guru memberikan contoh yang berkaitan dengan materi, lalu menyuruh siswa untuk mengemukakan pendapatnya, dan yang terakhir guru memberikan evaluasi kepada siswa. Dari penggunaan media tersebut siswa lebih mudah menguasai materi dan semangat dalam belajar, serta mengajak siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal itu terjadi juga karena kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran meski terkadang keterbatasan media yang disediakan sekolah juga menjadi penghambat siswa dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 05 Feb 2021 06:37
Last Modified: 05 Feb 2021 06:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/708

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item