Hermawati, Yayuk (2024) Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai Untuk Meningkatkan Antusias Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Sumedangan 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_sampul_PGMI.pdf Download (277kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_lembar persetujuan_PGMI.pdf Download (453kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_lembar pengesahan_PGMI.pdf Download (793kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_Abstrak_PGMI.pdf Download (429kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (215kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_Bab I_PGMI.pdf Download (459kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_Bab Il_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_Bab III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_Bab IV_PGMI.pdf Download (736kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_Bab V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (445kB) |
|
Text
Yayuk Hermawati_20381052037_lembar peryataan keaslian tulisan_PGMI.pdf Download (262kB) |
Abstract
Kata Kunci: Bisik Berantai, Antusias, Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya antusias siswa dikarenakan dalam penggunaan metode pembelajaran yang menggunakan metode ceramah saja. Siswa tidak bersemangat, merasa bosan dan malas dalam mengikuti pembelajaran, hal ini membuat pembelajaran menjadi monoton. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini ialah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan bisik berantai dalam meningkatkan antusias siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV di SDN Sumedangan 3 Pamekasan, 2) Untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode permainan bisik berantai dalam meningkatkan antusias siswa kelas IV di SDN Sumedangan 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan model Kurt Lewin. Model penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, penerapan metode permainan bisik berantai dilaksanakan dengan cara guru memanggil 1 kelompok maju kedepan dan berbaris, lalu guru membisikkan suatu kalimat ke siswa yang paling depan. Kemudian siswa tersebut membisikan ke teman di belakangnya sampai siswa yang paling belakang. Untuk siswa paling belakang nantinya menuliskan hasil yang diperolehnya. Guru memberikan penilaian pada kelompok tersebut apakah benar atau tidak. Guru melakukan tanya jawab dan menjelaskan hasil jawaban yang ditulis di papan tulis. Kemudian setiap siswa disuruh untuk mengisi angket oleh peneliti pada setiap siklusnya. Setelah kelompok satu selesai dilanjutkan kepada kelompok berikutnya dan seterusnya sampai semua kelompok mengikuti permainan tersebut. Terjadi peningkatan antusias siswa dengan menerapkan metode permainan bisik berantai pada setiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil angket siswa pada tahap pra siklus memperoleh jumlah skor 606 dengan presentase 53% dalam kategori rendah, pada siklus I hasil angket memperoleh jumlah skor 712 dengan presentase 62% dalam kategori sedang dan masih belum mencapai indikator keberhasilan yakni ≥ 70% dalam kategori tinggi sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil angket memperoleh jumlah skor 985 dengan presentase 86% dalam kategori tinggi yang berarti adanya peningkatan antusias siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7095 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |