Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat pada Siswa Kelas VII SMP Plus Darul Ulum Kecamatan Robatal Sampang

Hasanah, Uswatun (2020) Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat pada Siswa Kelas VII SMP Plus Darul Ulum Kecamatan Robatal Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Uswatun Hasanah_20160701070137_Cover_TBIN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
c) Uswatun Hasanah_20160701070137_Lebar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.word.pdf

Download (177kB)
[img] Text
d) Uswatun Hasanah_20160701070137_Lembar_Pengesahan_TBIN.word.pdf

Download (221kB)
[img] Text
e) Uswatun Hasanah_20160701070137_Abstrak_TBIN.word.pdf

Download (240kB)
[img] Text
f) Uswatun Hasanah_20160701070137_Daftar_Isi_TBIN.word.pdf

Download (157kB)
[img] Text
g) Uswatun Hasanah_20160701070137_BAB I_TBIN.word.pdf

Download (293kB)
[img] Text
h) Uswatun Hasanah_20160701070137_BAB II_TBIN.word.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
i) Uswatun Hasanah_20160701070137_BAB III_TBIN.word.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
j) Uswatun Hasanah_20160701070137_BAB IV_TBIN.word.pdf

Download (400kB)
[img] Text
k) Uswatun Hasanah_20160701070137_BAB V_TBIN.word.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
l) Uswatun Hasanah_20160701070137_Daftar_Pustaka_TBIN.word.pdf

Download (228kB)
[img] Text
b) Uswatun Hasanah_20160701070137_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TBIN.pdf

Download (230kB)

Abstract

Kata kunci: Upaya Guru, Menulis, Puisi Rakyat Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang datang dari dalam diri individu. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang datang dari lingkungan. Tugas guru yang utama adalah mampu mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan perilaku siswa. Proses pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruh siswa terlibat secara aktif baik mental, fisik, maupun sosial dalam proses pembelajaran. Ada tiga fokus penelitian yaitu: Pertama, bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Kecamatan Robatal Sampang. Kedua, Apa saja kendala guru dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Kecamatan Robatal Sampang. Ketiga, bagaimana cara guru mengatasi kendala dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Kecamatan Robatal Sampang. Penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif , seluruh data yang didapat di cek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya yang dilakukan guru dvlam mengajarkan keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Robatal Sampang ialah berbagai upaya dilakukakan oleh guru mulai dari memotivasi siswa, memberikan metode mengajar yang menarik, dan memberikan gambaran tentang menulis puisi rakyat dengan menggunakan media gambar. Kedua, kendala guru dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Robatal Sampang ialah keterbatasan yang tidak dimiliki sekolah seperti LCD, Salah satu siswa malas dikarenakan terpengaruh temannya yang pemalas, siswa kurang minat karena materi puisi rakyat sulit dimengerti. ketiga, cara guru mengatasi kendala dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Plus Darul Ulum Robatal Sampang ialah membawakan media dari luar sekolah, guru memberikan arahan terhadap siswa dan menasehati agar tidak terpengaruh temannya yang pemalas serta memindahkan tempat duduknya, guru memberikan motivasi agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar dan berusaha menjelaskan kembali tentang materi puisi rakyat sampai siswa paham betul terkait materi tersebut. Keywords: Teacher’s Effort, Writing, folk poetry Learning is essentially a process of interaction between students and their environment so that changes in behavior are better. In these interactions a lot of factors influence it. There are two factors, namely internal factors and external factors. Internal factors are factors that come from within the individual. While external factors are factors that come from the environment. The main task of the teacher is to be able to condition the environment in order to support changes in student behavior. The learning process is said to be successful and quality if all students are actively involved both mentally, physically, and socially in the learning process. There are three research focuses, namely: First, how the efforts made by teachers in teaching folk poetry writing skills for VII grade students of Darul Ulum Middle School, Robatal Sampang District. Second, What are the obstacles of teachers in teaching folk poetry writing skills to students of class VII Middle Plus Darul Ulum Robatal Sampang District. Third, how do teachers overcome obstacles in teaching folk poetry writing skills to students of class VII Middle Plus Darul Ulum Robatal Sampang District. This study uses a qualitative approach with descriptive type, data obtained by interview, observation, and documentation then the data is analyzed with descriptive qualitative analysis, all data obtained is checked for validity by extending participation, perseverance of observation, triangulation, and detailed description. The results of this study indicate that: First, the efforts made by dvlam teachers teach the writing skills of folk poetry of Grade VII students of Darul Ulum Robatal Sampang Middle School. Various efforts are carried out by the teacher starting from motivating students, providing interesting teaching methods, and providing an overview of poetry writing. the people by using media images. Secondly, the obstacle of the teacher in teaching folk poetry writing skills for VII grade students of SMP Plus Darul Ulum Robatal Sampang is the limitations that schools do not have such as LCDs. third, the teacher's way of overcoming obstacles in teaching folk poetry writing skills for VII grade students of SMP Plus Darul Ulum Robatal Sampang is to bring media from outside the school, the teacher gives direction to students and advises them not to be influenced by lazy friends and moves their seats, the teacher gives motivation so students are even more enthusiastic in learning and trying to explain again about folk poetry material until students understand correctly about the material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 05 Feb 2021 06:41
Last Modified: 05 Feb 2021 06:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/712

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item