Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Membaca Puisi Siswa kelas VII MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan

Hayyi, Hayyi (2020) Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Membaca Puisi Siswa kelas VII MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
HAYYI_20160701070037_COVER_TBIN.pdf

Download (20kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_HALAMAN PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_HALAMAN PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_BAB I_TBIN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_BAB IV_TBIN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_DAFTAR PUSTAKA_TBIN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
HAYYI_20160701070037_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (131kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pembelajar Inovatif dan membaca puisi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru ketika mengajar di kelas serta memberikan pelajaran yang inovatif dalam membaca puisi ini ialah sebuah metode pembelajaran yang diterapkan dengan cara mengenalkan metode pembelajaran yang baru kepada siswa-siswi, yang bisa memberikan wawasan atau pengetahuan baru tentang tata cara membaca puisi dengan baik dan benar. Data di peroleh dari karya puisi siswa ketika di muat di mading dan buletin sekolah. Ada dua fokus penelitian yang mejadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana Strategi Pembelajaran Inovatif dalam membaca puisi di kelas VII MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan; kedua, apa saja kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran Inovatif dalam membaca puisi Siswa di kelas VII MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif kualitatif yakni berusaha memahami makna peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan objek di lapangan secara utuh, penelitian ini juga berusaha memahami secara langsung objek yang diteliti karena dalam hal ini peneliti adalah sebagai kunci selama proses penelitian, sehingga peneliti menghasilkan data-data yang lebih valid Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Strategi Pembelajaran guru Bahasa Indonesia di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan telah benar-benar melaksanakan strateginya sebagai guru pendidik seperti mengucapkan salam saat bertemu, dan murid diberi peran untuk berkarya seperti membuat puisi, dan juga berupa praktek atau teori, atau membantu peserta didik dengan memberikan nasehat (motivasi) kepada peserta didik. Kedua, Kelebihannya dan kekurangan pembelajaran inovatif dalam membaca puisi ini di MTs Nasyrul Ulum dalam menumbuhkan kemampuan siswa-siswi dilihat dari karakter ketika membaca puisi di kelas VII adalah adanya semangat yang tinggi dari siswa-siswi ketika mendalami pembelajaran membaca puisi di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan. Dan ketika seorang siswa-siswi merasa tidak adanya kesemangatan dalam belajar, tidur di kelas, bermain-main di kelas, merusak buku dan tidak membawa buku paket maka disitulah seorang guru sangat di butuhkan dan berperan aktif ketika belajar mengajar khusus terhadap siswa-siswi di kelas VII MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan. Disini guru Bahasa Indonesia termasuk guru-guru yang lain mempunyai pengaruh besar untuk mengatur dan mempunyai strategi pembelajran yang inovatif ketika mengajar terhadap peserta didiknya, bagaimana seorang guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran bahasa yang mengenai membaca puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 05 Feb 2021 06:53
Last Modified: 05 Feb 2021 06:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/716

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item