Eza, Aldo Maulana (2024) Upaya Penanaman Kedisiplinan Siswa Melalui Metode Peraturan Baris Berbaris (PBB) Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Sampul_PGMI.pdf Download (41kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (128kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf Download (217kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Abstrak_PGMI.pdf Download (150kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (170kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Bab I_PGMI.pdf Download (355kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Bab II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Bab III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Bab IV_PGMI.pdf Download (483kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Bab V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (429kB) |
|
Text
Aldo Maulana Eza_20381051004_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (302kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kedisiplinan Siswa, PBB, Ekstrakurikuler Pramuka; Kedisiplinan siswa merupakan dasar penguat dalam kegiatan kelembagaan yang mampu mengantarkan pada jenjang prestasi yang progresif. Dengan kegiatan ekstrakurikuler pramuka melalui metode Peraturan Baris Berbaris (PBB) membantu terhadap kedisiplinan siswa untuk terus meningkatkan kedisiplinan baik dalam kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler, karena pendidikan karakter kedisiplinan inilah siswa akan lebih bernilai. Sehingga, kegitan ini terus digalakkan oleh lembaga pendidikan sebagai support sistem yang efesien. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendidik karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan metode peraturan baris berbaris (PBB). Terdapat dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana upaya penanaman kedisiplinan siswa melalui metode peraturan baris berbaris (PBB) pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan, (2) Apa faktor penghambat dan pendukung upaya penanaman kedisiplinan siswa melalui metode peraturan baris berbaris (PBB) pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangkulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan ekstrakurikuler pramuka berupaya untuk membuat siswa menjadi lebih disiplin dengan melalui metode Peraturan Baris Berbaris (PBB). Kegiatan ekstrakurikuler pramuka tidak hanya membuat siswa disiplin dalam kegiatan ekstrakurikuler akan tetapi juga dalam kegiatan intrakurikuler (2). Faktor pendukung adalah support sistem dari berbagai elemen diantaranya dukungan secara internal dan ekternal (lembaga pendidikan dan orang tua/wali siswa). Sedangkan, faktor penghambat diantaranya pada diri siswa (personal problem) siswa yang kurang termutivasi disebabkan oleh dirinya sendiri, sehingga mengurangi presentasi capaian maksimal dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:47 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7268 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |