Evendi, Muhtar Rosyid (2024) Pembelajaran Literasi Digital Dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Mi Miftahul Ulum Al Ghazali Waru Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_Sampul_PGMI.pdf Download (246kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (141kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf Download (178kB) |
|
Text
muhar Rosyid Evendi_20381051096_Abstrak_PGMI.pdf Download (186kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (201kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_BAB I_PGMI.pdf Download (354kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_BAB IV_PGMI.pdf Download (399kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (307kB) |
|
Text
Muhtar Rosyid Evendi_20381051096_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (195kB) |
Abstract
Kata Kunci: Literasi Digital, Pengembangan, Berpikir Kritis. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran literasi digital sebagai upaya megembangkan keterampilan berpikir kritis pada siswa MI Miftahul Ulum Al Ghazali Waru Pamekasan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan tiga pokok permasalahan. Pertama, Bagaimana penerapan pembelajaran literasi digital dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa MI Miftahul Ulum Al Ghazali Waru Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung pada pembelajaran literasi digital dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa MI Miftahul Ulum Al Ghazali Waru Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor penghambat pada pembelajaran literasi digital dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa MI Miftahul Ulum Al Ghazali Waru Pamekasan. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa MI Miftahul Ulum Al Ghazali Waru Pamekasan serta kepala sekolah dan salah satu guru pada sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, mendisplay atau menyajikan data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan pengamatan, serta triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran literasi digital dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa MI Miftahul Ulum Al Ghazali Waru Pamekasan yaitu seorang guru terlebih dahulu mempersiapkan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran berbentuk ppt, dan guru memberikan tugas kepada peserta didiknya. (2) Faktor pendukung adalah tersedianya sarana dan prasarana, siswa terbiasa menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, dan antusiasnya siswa ketika pembelajaran berlangsung. (3) Faktor penghambat adalah kurangnya akses internet, masih ada siswa yang bercanda dengan teman sebangkunya ketika pembelajaran berlangsung, keterbatasan ekonomi orang tua, kurangnya minat baca peserta didik, dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam kegiatan literasi digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:47 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7269 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |