Fahirah, Zakiyatul (2024) Implementasi Manajemen Peserta Didik Melalui Pendekatan Kuantitatif di SMK Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Sampul_MPI.pdf Download (208kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Halaman Persetujuan_MPI .pdf Download (138kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Halaman Pengesahan_MPI .pdf Download (170kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Abstrak_MPI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Daftar Isi_MPI.pdf Download (170kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Bab 1_MPI.pdf Download (429kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Bab 2_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Bab 3_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Bab 4_MPI.pdf Download (596kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Bab 5_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Daftar Pustaka_MPI.pdf Download (237kB) |
|
Text
Zakiyatul Fahirah_20381042050_Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (143kB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen peserta didik, Pendekatan Kuantitatif Mengelola peserta didik dalam suatu lembaga tidaklah mudah, karakter dan kemampuan peserta didik yang beragam akan menjadi tantangan tersendiri bagi suatu lembaga, maka dari itu diperlukan manajemen pesera didik yang baik, manajemen peserta didik memiliki cakupan yang luas, namun pada penelitian ini penulis fokus pada pendekatan kuantitatif dalam implementasi manajemen peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan manajemen peserta didik melalui pendekatan kuantitatif di SMK Sumber Nangka; kedua, bagaimana implementasi manajemen peserta didik melalui pendekatan kuantitatif di SMK Sumber Nangka; ketiga, bagaimana evaluasi manajemen peserta didik melalui pendekatan kuantitatif di SMK Sumber Nangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya terdiri dari kepala sekolah, guru tata usaha dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam perencanaan manajemen peserta didik melalui pendekatan kuantitatif terdapat beberapa hal yang dilakukan yaitu: rencana kegiatan sekolah atau RKS dirancang melalui evaluasi diri sekolah atau EDS. Strategi dalam merencanakan manajemen peserta didik melalui pendekatan kuantitatif dipilih melalui rapat rutin bulanan. Dalam menganalisis kebutuhan peserta didik baru di SMK Sumber Nangka menggunakan sistem kuesioner. Pencatatan dan pelaporan terkait peserta didik baru dirangkap oleh guru tata usaha; Kedua, dalam implementasi manajemen peserta didik melalui pendekatan kuantitatif di SMK Sumber Nangka meliputi: pencapaian siswa di bidang prestasi menyebabkan rasio murid meningkat setiap tahun, hal yang perlu ditingkatkan berupa sarana dan prasarana, kedisiplinan siswa dan kompetensi guru. Teknologi informasi sangat berperan dalam menggunakan kurikulum merdeka. Pelayanan yang tersedia yaitu: standar pelayanan minimal (SPM), layanan bimbingan konseling, layanan kantin, layanan asrama, dan layanan koperasi; ketiga, dalam melalukukan evaluasi manajemen peserta didik melalui pendekatan kuantitatif meliputi: teknik evaluasi dipilih melalui rapat evaluasi diri. Hasil evaluasi kemudian dituangkan dalam rencana program sekolah untuk dilanjutkan pada program sekolah selanjutnya. Peningkatan siswa meliputi: prestasi, disiplin dan minat siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 08:26 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7290 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |