Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Peyelenggara Pendidikan Inklusi di MAN Sumenep

Istiqomah, Afrilia (2020) Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Peyelenggara Pendidikan Inklusi di MAN Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_COVER_BKPI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_LEMBAR_PERSETUJUAN_BKPI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_LEMBAR_PENGESAHAN_BKPI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_ABSTRAK_BKPI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_BAB_I_BKPI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_BAB_II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_BAB_III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_BAB_IV_BKPI.pdf

Download (475kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_BAB_V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_DAFTAR_PUSTAKA_BKPI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
AFRILIA_ISTIQOMAH_20160701090008_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_KARYA_BKPI.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya konsep pendidikan inklusi yang mempresentasikan seluruh aspek yang berkaitan dengan keterbukaan dalam menerima anak berkebutuhan khusus terutama gifted atau memiliki kecerdasan istimewa untuk memenuhi hak dasar mereka sebagai warga negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di MAN Sumenep. Adapun fokus penelitian ini adalah pertama, Bagaimana pelaksanaan pendidikan inklusi di MAN Sumenep ? Kedua, Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di MAN Sumenep ? Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di MAN Sumenep ?. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu Lembaga MAN Sumenep. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK, Siswa, Ketua Kurikulum, dan Kepala Sekolah. Data yang diambil dari data tersebut menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain interview (wawancara), observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data non-statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pendidikan inklusi merupakan sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada seluruh peserta baik yang mempunyai kecerdasan atau bakat istimewa maupun yang normal ataupun lambat untuk mengikuti pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik dalam satu lingkungan pendidikan. Kedua, peran guru bimbingan dan konseling pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi adalah memberikan pelayanan dan motivasi terhadap peserta didik dengan tidak pandang bulu, memberikan bimbingan karier lebih awal untuk anak cerdas istimewa untuk mempersiapkan perguruan tinggi manakah yang mereka minati agar tepat terhadap jenjang karirnya dikemudian hari, guru BK juga selalu berkoordinasi dengan orang tua peserta didik jika ada masalah atau hambatan terhadap proses pembelajaran pesert didiknya. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Untuk faktor pendukung yang paling berpengaruh adalah adanya tim dan dukungan dari orang tua siswa serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan untuk faktor penghambatnya akan berubahnya struktur kurikulum serta rendahnya motivasi siswa yang kurang menyesuaikan terhadap program SKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:21
Last Modified: 20 Dec 2022 02:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/73

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item