Rahmah, Ulfatur (2024) Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pencak Silat di SMK Sumber Nangka Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_SAMPUL_MPI.pdf Download (43kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (122kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_LEMBAR PENGESAHAN_MPI.pdf Download (225kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_ABSTRAK_MPI.pdf Download (8kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (192kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_BAB I_MPI.pdf Download (260kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_BAB IV_MPI.pdf Download (824kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (234kB) |
|
Text
Ulfatur Rahmah_20381042047_KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf Download (227kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Kegiatan Pencak Silat Maraknya permasalahan karakter menjadi suatu permasalahan yang besar dan perlu diperhatikan untuk segera ditangani. Mengingat begitu pentingnya pendidikan karakter maka institusi pendidikan memiliki tanggung jawab terhadap penanaman nilai-nilai karakter. Kegiatan pencak silat menjadi salah satu upaya dalam menanggulangi masalah karakter pada siswa yang dilaksanakan di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pencak silat di SMK Sumber Nangka Pamekasan, kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pencak silat. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: pertama untuk mengetahui upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pencak silat di SMK Sumber Nangka Pamekasan, kedua faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pencak silat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru olahraga, pelatih pencak silat dan anggota pencak silat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pencak silat di SMK Sumber Nangka Pamekasan yaitu terdapat beberapa upaya diantaranya ialah adanya tata tertib, melakukan latihan secara rutin setiap hari jumat, melakukan doa bersama dan dengan mengikuti event-event untuk mengasah kemampuan siswa. Kedua, faktor yang mendukung pembentukan karakter siswa melalui pencak silat di SMK Sumber Nangka Pamekasan ialah adanya dukungan dan ide yang kreatif dari guru, adanya pelatih pencak silat dan dukungan penuh dari yayasan sehingga kegiatan pencak silat dapat terlaksana dengan baik. Sedangkan faktor yang menghambat dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pencak silat di SMK Sumber Nangka Pamekasan ialah minimnya kesadaran dari siswa, sulitnya restu orang tua dan sarana dan prasarana yang kurang memadai, sehingga dengan beberapa permasalahan tersebut menjadi penghambat terlaksananya pembentukan karakter pada siswa melalui kegiatan pencak silat dengan maksimal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:36 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7321 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |