Pratama, M. Wahyu Aryandi (2024) Implementasi Tata Tertib "Ramah Anak" dalam Meminimalisir Pelanggaran Siswa di SMA Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_Cover_MPI.pdf Download (116kB) |
|
Text
M. Wahyu aryandi Pratama_20381041089_HALAMAN PERSETUJUAN_Mpi.pdf Download (41kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf Download (125kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_ABSTRAK_Mpi.pdf Download (250kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_ DAFTAR ISI_Mpi.pdf Download (117kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_BABI_mpi.pdf Download (203kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_BABII_Mpi.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
M.Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_BABIII_Mpi.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_BABIV_Mpi.pdf Download (695kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_BABV_Mpi.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_DAFTAR RUJUKAN_Mpi.pdf Download (171kB) |
|
Text
M. Wahyu Aryandi Pratama_20381041089_KEASLIAN TULISAN_Mpi.pdf Download (109kB) |
Abstract
Kata Kunci : Tata Tertib, Pelanggaran Siswa. Tata tertib merupakan suatu kegiatan dan pembiasaan yang baik untuk diterapkan dan dilakukan dalam kehidupan salah satunya melalui tata tertib “Ramah Anak”. Pada kegiatan tata tertib ini diharapkan agar dapat mempengaruhi pembentukan karakter. karakter merupakan nilai-nilai yang tertanam didalam diri manusia, yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan seseorang secara berkelanjutan. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian penelitian ini, yaitu : Pertama, Bagaimana implementasi tata tertib “Ramah Anak” dalam meminimalisir pelanggaran siswa di SMAN 2 Pamekasan, Kedua, Bagaimana dampak implementasi tata tertib “Ramah Anak” dalam meminimalisir pelanggaran siswa di SMAN 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, tim tata tertib sekolah, dan 3 siswa. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi tata tertib “Ramah Anak” dalam meminimalisir pelanggaran siswa di SMAN 2 Pamekasan dimulai sejak 2023, Persiapannya berupa pembinaan kepada siswa, dengan tujuan untuk membiasakan anak memiliki sifat peduli sosial terhadap temannya maupun lingkungannya. Pada praktiknya siswa tetap wajib mematuhi tata tertib yang sudah dibuat oleh sekolah. Tetapi perlakuannya yang berbeda yaitu bagi siswa yang mematuhi tata tertib sekolah akan diberi penghargaan dan siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah akan diberi pembinaan dan bimbingan. Kedua, Dampak dari keberhasilan tata tertib “Ramah Anak” ini dapat merubah siswa menjadi lebih disiplin lagi serta berperilaku baik terhadap sekitarnya dan juga dapat mempelajari hikmah dalam disiplin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:36 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7323 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |