Nasilaturrohmah, Nasilaturrohmah (2024) Persepsi Guru Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Negeri Tentenan Barat Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_Cover_MPI.pdf Download (156kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (61kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf Download (335kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (61kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_Abstrak_MPI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (266kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_BAB I_MPI.pdf Download (533kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_BAB IV_MPI.pdf Download (911kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_Daftar_Pustaka_MPI.pdf Download (231kB) |
|
Text
Nasilaturrohmah_20381042036_Pernyataan Keaslian_MPI.pdf Download (362kB) |
Abstract
Kata Kunci: Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka Kurikulum merdeka sebagai wujud substansi dalam kemunduran belajar selama pandemi covid-19 yang di tetapkan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi. Dengan tujuan yang sama yakni untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum merdeka merupakan upaya transformasi sistem pendidikan kearah yang lebih baik dan berada pada jalur pencapaian tujuan dan target yang sesuai dan tepat. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana persepsi guru tentang implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Tentenan Barat Larangan Pamekasan. Kedua, Bagaimana persepsi guru tentang perbandingan implementasi kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013 di SD Negeri Tentenan Barat Larangan Pamekasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah guru wali kelas 5, 4, dan 1. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, persepsi guru tentang implementasi kurikulum merdeka itu baik, adminitrasi dalam kurkulum merdeka dilaksanakan secara online. Dalam penyampaian materi guru di SD Negeri Tentenan Barat Larangan Pamekasan menggunakan beberapa strategi atau metode yang interaktif, aktif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar. Kedua, terdapat perbandingan tentang implementasi kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013 di SD Negeri tentenan Barat larangan Pamekasan, yaitu baik dari secara umum, administrasi, dan materi. Secara umum perbandingan kurikulum merdeka pembeljarannya bersifat aktif dan terfokus pada minat siswa, sedangkan kurikulum 2013 lebih bersifat kontekstual. Dari sisi administrasi perbandingan antara kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013 yakni administrasi pada kurikulum merdeka secara online dengan menggunakan aplikasi PMM (Platform Merdeka Mengajar), sedangkan kurikulum 2013 secara offline. Materi pada kurikulum merdeka dipisah antar mata pelajaran, sedangkan materi pada kurikulum 2013 dijadikan satu yakni tematik yang didalmnya memuat beberapa mata pelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:57 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:57 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7339 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |