Putri, Dhea Meiliana (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembelajaran di SMAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Dhea Meiliana Putri_20381042072_Sampul_MPI.pdf Download (96kB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Hal.Persetujuan_MPI .pdf Download (136kB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Hal.Pengesahan_MPI .pdf Download (172kB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Abstrak_MPI.pdf Download (58kB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Daftar Isi_MPI.pdf Download (126kB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042071_Bab I_MPI.pdf Download (3MB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Bab II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Bab III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Bab IV_MPI.pdf Download (3MB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Bab V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042072_Daftar Rujukan_MPI.pdf Download (125kB) |
|
Text
Dhea M.P_20381042082_Surat Pernyataan_MPI.pdf Download (445kB) |
Abstract
Kata Kunci : Penerapan, Kurikulum Merdeka, Dampaknya Terhadap Kinerja Guru, Proses Pembelajaran Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang bervariasi dengan kurikulum ini kegiatan belajar mengajar akan lebih optimal dengan diterapkannya kurikulum merdeka ini memiliki waktu yang lebih banyak lagi untuk meningkatkan kualitas dan potensi. Seperti di SMAN 1 Pamekasan menerapkan kurikulum merdeka belajar dengan adanya kurikulum merdeka belajar proses pembelajaran lebih optimal dan para peseta didik memiliki waktu yang lebih banyak lagi untuk meningkatkan kualitas dan potensi dalam dirinya.seperti mengasah minat siswa di SMAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah Para guru PAI yang mengajar di SMAN 1 Pamekasan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bawah : Pertama SMAN 1 Pamekasan menerapkan kurikulum merdeka dengan sistem P5 contohnya berdiskusi menggunakan PPT, yang kedua guru PAI menggunakan metode tutor sebaya dimana siswa saling membantu untuk menjelaskan materi kepada teman yang kurang paham. Ketiga faktor yang menunjang kegiatan Penerapan Kurikulum merdeka terhadap kinerja guru adalah platform PMM yang mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Keempat dampak positif dari penerapan kurikulum merdeka terhadap kinerja guru PAI dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Pamekasan yaitu Guru agama lebih mudah membuat suatu penilainnya seperti modul ajar yang lebih sederhana dibandingkan RPP pada kurikulum sebelumnya, Guru Agama dapat langsung menilai keaktivan dan potensi siswa dalam proses pembelajaran, Tidak ada tuntutan waktu untuk menyelesaikan materi yang di ajarkan, Memberikan keleluasaan pada guru untuk memilih perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Seperti contoh dapat menggunaka media untuk menompang proses pembelajaran. Kelima dampak negatif penerapan kurikulum merdeka terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Pamekasan yaitu: kurangnya kedisiplinan siswa yaitu memainkan handphone di luar materi pembelajaran sehingga mengganggu kinerja guru dalam pembelajaran proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7369 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |