Natiqurrahman, Natiqurrahman (2024) Tatakelola Program Pengiriman Guru Tugas Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381041148_SAMPUL SKRIPSI.pdf Download (499kB) |
|
Text
20381041148_halaman persetujuan.pdf Download (254kB) |
|
Text
20381041148_halaman pengesahan.pdf Download (276kB) |
|
Text
20381041148_abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
20381041148_daftar isi.pdf Download (490kB) |
|
Text
20381041148_BAB 1.pdf Download (544kB) |
|
Text
20381041148_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
|
Text
20381041148_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
20381041148_BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
20381041148_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
20381041148_daftar rujukan.pdf Download (300kB) |
|
Text
20381041148_keaslian tulisan.pdf Download (264kB) |
Abstract
Kata Kunci :Tatakelola, Menciptakan output yang Baik, pembinaan yang bermutu. Pondok pesantren memiliki peran yang penting dala pendidikan hususnya pendidikan islam magi seluruh masyarakat. Terutama bagi masyarakat terpencil yang memang jauh dari para ulama dan pendidikan agama islam. Maka dari itu fungsi pondok pesanttren yaitu memberikan ajaran islam tersebut terhadap pelosok desa agar masyarakat awam bisa paham terhadap ajaran islam. Maka dari itu pondok pesantren tidak selamanya menunggu bola, melainkan juga menjemput bola dengan mengirimkan utusan santri terbaiknya untuk mengabdi dan menambah wawasan tentang agama islam di plosok desa dengan julukan guru tugas. Hampir seluruh pondok pesantren besar menjalankan program tersebut demi kemajuan pendidikan agama islam yang merata, tak terkecuali pondok pesantren mambaul ulum bata-bata. Tentunya disetiap program yang dijalankan, terutama program guru tugas yang merupakan hal yang tidak sepele, maka juga perlu adanya pengelolaan dan pembinaan yang baik demi mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu berdasarkan hasil hal tersebut maka skripsi ini membahas tentang: pertama tatakelola program pengiriman guru tugas di pondok pesantren mambaul ulum bata-bata. Kedua pembinaan yang diterapkan dalam pengelolaan guru tugas di pondok pesantren mambaul ulum bata-bata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ketua pengurus, para asatidz, dan santri pondok pesantren mambaul ulum bata�bata Pamekasan menjadi informan dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pertama tatakelola program pengiriman guru tugas menggunakanakan fungsi menejemen dengan baik. Seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaaan dan evaaluasi. Kedua. Pembinaan yang diterapkan pesantren untruk program guru tugas yaitu denagn beberapa pembinaan terutama pembinaan yang memang diperlukan. Diantaranya yaitu; program i`dad merupakan program jangka panjang. Dan program pelatihan untuk mengembangkan potensi para santri sebelum ditugas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:06 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7374 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |