Nafarisah, Siti (2024) Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Dalam Mengembangkan Prestasi Siswa Di SMKN 1 Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381042155_SAMPUL.pdf Download (215kB) |
|
Text
20381042155_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (307kB) |
|
Text
20381042155_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (352kB) |
|
Text
20381042155_ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text
20381042155_DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) |
|
Text
20381042155_BABI.pdf Download (529kB) |
|
Text
20381042155_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
|
Text
20381042155_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
20381042155_BABIV.pdf Download (1MB) |
|
Text
20381042155_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
20381042155_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (405kB) |
|
Text
20381042155_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (207kB) |
Abstract
Kata kunci: program pengembangan diri, prestasi siswa Pengelolaan dalam Pendidikan biasanya melibatkan bimbingan atau pengarahan untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Biasanya dimulai dari pelaksanaan, dan evaluasi. Hal ini yang menjadi tantangan dalam melakukan kergiatan program pengembangan diri yang bisa mengembangkan prestasi siswa agar dapat melaksanakan perannya baik dari internal maupun eksternal. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana pelaksanaan program kegiatan pengembangan diri terprogram di SMKN 1 proppo pamekasan. Kedua Bagaimana pelaksanaan program kegiatan pengembangan diri tidak terprogram di SMKN 1proppo pamekasan. Ketiga Bagaimana Evaluasi keberhasilan program kegiatan pengembangan diri terprogram dan tidak terprogram di SMKN 1 proppo pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala SMKN 1 Proppo Pamekasan, Waka kesiswaan, Waka Kurikulum. Guru Pembimbing, dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan program pengembangan diri yang diprogramkan di SMKN 1 PROPPO meliputi kegiatan terprogram yaitu ada upacara bendera, pramuka, kegiatan rohis, dan pameran kopetensi keahlian. Dari beberapa kegiatan ekstra yang di tawarkan oleh sekolah yaitu volley, seni tari, dimana siswa dapat memilih beberapa kegiatan sesuai dengan bakat dan minatnya. Kedua, pelaksanaan program kegiatan pengembangan diri tidak terprogram di SMKN 1 proppo pamekasan. Meliputi pelaksanaan kegiatan bimbingan akhlakul karimah yang diadakannya tergantung kondisi, karena tujuannya adalah untuk menciptakan siswa yang mempunyai akhlakul karimah yang baik. sehingga guru pendidikan agama islam mempunyai pengaruh yang besar terutama dalam mengajarkan akhlak. Dan tidak hanya guru pendidikan agama islam saja, namun semua guru ikut terlibat dalam penanaman akhlakul karimah. Ketiga, Evaluasi keberhasilan program kegiatan pengembangan diri terprogram dan tidak terprogram di SMKN 1 proppo pamekasan. Pelaksanaan evaluasi dalam bidang ekstra evaluasi dilakukan berdasarkan nilai siswa. Sedangkan untuk yang tidak terprogram evaluasinya bisa dilihat terlebih dahulu dari perubahan sikap siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:06 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7375 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |