Umar, M. Fahmi (2023) Analisis peran guru IPS dalam Pembelajaran IPS di Era Disrupsi 4.0 MTs Ummul Quro desa Plakpak kecamatan Pegantenan kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381081038_SAMPUL.pdf Download (281kB) |
|
Text
18381081038_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text
18381081038_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (196kB) |
|
Text
18381081038_ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
18381081038_DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) |
|
Text
18381081038_BAB I.pdf Download (523kB) |
|
Text
18381081038_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
18381081038_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
18381081038_BAB IV.pdf Download (497kB) |
|
Text
18381081038_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
18381081038_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (296kB) |
|
Text
18381081038_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (328kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru, IPS, Disrupsi. Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi senantiasa menuntut elemen pendidikan untuk melakukan penyesuaian agar hasil pembelajaran dapat lebih optimal, khususnya dalam segi belajar mengajar yang dilaksanakan harus direlevansikan dengan kamajuan teknologi seperti halnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi serta dalam penggunaan metode pembelajaran. Oleh karena itu di era disrupsi 4.0 ini seorang guru IPS pada khususnya harus senantiasa profesional dalam segala hal, dengan begitu setidaknya ada 4 kompetensi yang harus tertanam dalam diri pendidik agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana peran guru IPS dalam Pembelajaran IPS di Era Disrupsi 4.0 MTs Ummul Quro desa Plakpak kecamatan Pegantenan kabupaten Pamekasan; kedua, Apa saja kendala guru IPS dalam Pembelajaran IPS di Era Disrupsi 4.0 MTs Ummul Quro desa Plakpak kecamatan Pegantenan kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah serta Guru IPS di MTs Ummul Quro Plakpak Pegantenan Pamekasan. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra lapangan seperti halnya menyusun rancangan penelitian, memilih lokasi, mengurus perijin, dll. Kemudian tahap pekerjaan lapangan mencangkup memasuki lapanga sekaligus berperan serta dalam mengumpulkan data. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Peran Guru IPS dalam Pembelajaran IPS di Era Disrupsi 4.0 MTs Ummul Quro desa Plakpak kecamatan Pegantenan kabupaten Pamekasan, yaitu: Guru IPS senantiasa berperan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di MTs Ummul Quro, guru IPS senantiasa mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi, guru IPS senantiasa menggunakan teknologi seperti halnya laptop, proyektor guna merelevansikan dengan kemajuan zaman. (2) Kendala guru IPS dalam Pembelajaran IPS di Era Disrupsi 4.0 MTs Ummul Quro desa Plakpak kecamatan Pegantenan kabupaten Pamekasan, yaitu: Guru IPS di MTs Ummul Quro masih gagap teknologi, minimnya sarana dan prasarana yang tersedia, keberagaman kemampuan yang dimiliki oleh siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:59 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7383 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |