Noraini, Noraini (2024) Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Siswa Kelas IX di SMPN 1 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sampul.pdf Download (18kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (244kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (270kB) |
|
Text
Abstrack.pdf Download (188kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (11kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (468kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Download (825kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (321kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf Download (277kB) |
Abstract
Kata kunci: Peran Guru, Perilaku Bullying Bullying merupakan salah satu perilaku menyimpang yang yang dilakukan dengan tujuan negatif (menyakiti) dalam bentuk fisik, verbal, maupun psikologis. Perilaku tersebut mengarah langsung dari anak yang satu ke anak yang lain karena adanya ketidakseimbangan kekuatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengidentifikasi bentuk�bentuk perilaku bullying yang dilakukan siswa kelas IX SMPN 1 Pademawu, kedua, untuk mengidentifikasi dampak-dampak perilaku bullying yang dilakukan siswa kelas IX SMPN 1 Pademawu, dan ketiga, untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IX di SMPN 1 Pademawu. penelitian yang akan peneliti lakukan ini memiliki perbedaan dengan penelitian sebelumnya yaitu selain terdapat perbedaan pada tahun dan lokasi penelitian juga terdapat perbedaan yang terletak pada fokus permasalahan yang ingin dikaji, dimana penelitian sebelumnya hanya fokus pada peran satu guru dalam mengatasi bullying, sedangkan penelitian yang sekarang yaitu lebih memfokuskan pada beberapa peran guru yang terlibat seperti wali kelas, guru IPS, kepala sekolah, dan juga guru BK dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa yang terjadi di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari data primer berupa wawancara, observasi dan dokumentasi serta data sekunder berupa buku, jurnal, dan sumber lain yang berkaitan pada penelitian ini. Informan dalam penelitian ini yakni wali kelas IX D, kepala sekolah, guru IPS dan peserta didik kelas IX SMPN Pademawu yang menjadi pelaku, korban, maupun saksi dalam perilaku bullying yang terjadi di sekolah. Teknik analisis data menggunakan teknik analisa Miles and Huberman dengan tahapan terdiri dari reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi pada siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Pamekasan yaitu: a) Bullying verbal: mengejek, mengancam, mencela, b) Bullying fisik: mendorong dan memukul, c) Bullying psikologis: memusuhi dan mengucilkan teman. Faktor-faktor penyebab siswa kelas IX di SMPN 1 Pademawu melakukan bullying yaitu faktor kelompok pertemanan, keluarga, dan TV atau media lainya. 2) Dampak dari adanya perilaku bullying antara lain: a) Bagi korban: siswa menjadi pendiam, merasa kurang percaya diri, takut bertemu dengan pelaku, tidak semangat dalam belajar, dan malas sekolah, b) Bagi Pelaku: merasa kuat untuk mendominasi orang lain, mendapatkan hukuman dan menjadi suatu kebiasaan, c) Bagi saksi atau siswa lain: menjadi contoh buruk atau meniru. 3) Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IX di SMPN 1 Pademawu diantaranya: a) Guru sebagai pembimbing, dengan melakukan pendekatan, memberikan himbauan, layanan BK, hukuman, melakukan pengawasan, bekerja sama dengan pihak sekolah dan juga orang tua, b) Guru sebagai pelatih, dengan membiasakan siswa berperilaku baik, c) Guru sebagai motivator, dengan memberikan arahan dan dukungan, dan d) Guru sebagai teladan, dengan memberikan contoh sikap yang baik pada siswa. Dampak adanya peran guru dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Pademawu yaitu meningkatkan rasa percaya diri korban, menyadarkan pelaku bullying,lingkungan sekolah menjadi aman dan nyaman, dan mengurangi perilaku bullying di sekolah. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi perilaku bullying yaitu adanya orang tua yang kurang perhatian terhadap siswa, komunikasi orang tua dengan pihak sekolah, lingkungan pertemanan siswa yang kurang mendukung, budaya diam atau takut melapor, kemudian siswa mengabaikan nasihat dari guru
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:59 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7385 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |