Farida, Rabiyani Nur (2024) Strategi Guru dalam Membentuk Sikap Toleransi pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381082019_SAMPUL.pdf Download (43kB) |
|
Text
20381082019_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text
20381082019_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (56kB) |
|
Text
20381082019_ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
20381082019_DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
20381082019_BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
20381082019_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
20381082019_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
20381082019_BAB IV.pdf Download (388kB) |
|
Text
20381082019_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
20381082019_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (171kB) |
|
Text
20381082019_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (394kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Guru, Membentuk Sikap Toleransi, Mata Pelajaran IPS Strategi guru adalah usaha guru untuk memvariasikan cara mengajar dan menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan di dalam kelas sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan tidak pasif. Toleransi merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menghormati sifat-sifat dasar, keyakinan dan perilaku yang dimiliki oleh orang lain. Selain itu, toleransi juga bisa dipahami sebagai sifat atau sikap menghargai, membiarkan atau memperbolehkan pendirian mengenai pandangan, pendapat, kepercayaan, kebiasaan, dan lain sebagainya yang orang lain miliki walaupun bertentangan dengan kita. Maka dari itu, hakikat toleransi adalah hidup berdampingan dengan kedamaian dan saling menghargai walaupun beragam. Dalam penelitian ini, peneliti hanya memilih dua fokus sebagai berikut : Pertama, Bagaimana strategi guru dalam membentuk sikap toleransi di kelas IX SMPN 5 Pamekasan. Kedua, Apa saja kendala dan solusi dari strategi guru dalam membentuk sikap toleransi di kelas IX SMPN 5 Pamekasan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dikarenakan data yang ingin diambil dalam penelitian berupa kata-kata bukan angka. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasi yang dapat diambil yaitu guru IPS dan siswa di SMPN 5 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Strategi guru dalam membentuk sikap toleransi di kelas IX SMPN 5 Pamekasan yaitu dengan cara melalui materi pelajaran IPS dan metode diskusi kelompok yang bisa memberikan dampak yang baik dalam membentuk sikap toleransi siswa di SMPN 5 Pamekasan. Hal ini karena materi pelajaran IPS mengajarkan siswa tentang pentingnya kerjasama dan toleransi antar individu dan metode diskusi kelompok dapat memberikan stimulasi terhadap pentingnya nilai-nilai toleransi. Sehingga dengan adanya diskusi kelompok, rasa toleransi siswa semakin bertambah kuat dan kekompakannya juga semakin solid. Kedua, Kendala dan solusi dari strategi guru dalam membentuk sikap toleransi yaitu hambatan yang dialami oleh guru berupa kesulitan dalam membentuk sikap toleransi kepada siswa yang nakal. Hal itu dikarenakan siswa yang nakal sulit untuk dikondisikan. Dalam mencari solusi terhadap kendala yang ada, guru selalu berusaha mengajar dan mendidik siswa dengan sebaik-baiknya dan juga mengharuskan peran penting kepada orang tua dalam strategi membentuk sikap toleransi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:59 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7386 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |