Strategi Guru IPS Melalui Model (Problem Based Learning) Untuk Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di MTs. Nurus Sholah Pamekasan

Astutik, Anik (2024) Strategi Guru IPS Melalui Model (Problem Based Learning) Untuk Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di MTs. Nurus Sholah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381082027_SAMPUL.pdf

Download (575kB)
[img] Text
20381082027_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
20381082027_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
20381082027_ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
20381082027_DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB)
[img] Text
20381082027_BAB I.pdf

Download (653kB)
[img] Text
20381082027_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
20381082027_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
20381082027_BAB IV.pdf

Download (869kB)
[img] Text
20381082027_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
20381082027_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text
20381082027_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
20381082027_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (275kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Tanggung Jawab, Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pada kegiatan belajar mengajar yang di lakukan oleh guru IPS di lembaga MTs. Nurus Sholah yang masih kurang efektif, yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak dapat melaksanakan kewajibannya pada saat pembelajaran seperti halnya siswa tidak melakukan dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Maka dalam hal ini guru melakukan bebarapa tindakan dalam mengatasi permasalahan diatas dengan melakukan perubahan dan inovasi baru dalam menggunakan model pembelajaran, yaitu model pembelajaran problem based learning yang mampu mengatasi beberapa permasalahan diatas serta dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa dalam belajar antara lain siswa mampu mengerjakan dan mengumpulkan tugas secara tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui strategi guru pada prapembelajaran dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS melalui model PBL di MTs. Nurus Sholah pamekasan., 2) mengetahui strategi guru pada pembelajaran dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS melalui model PBL di MTs. Nurus Sholah pamekasan. 3) mengetahui bagaimana strategi guru pada pascapembelajaran dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS melalui model PBL di MTs. Nurus Sholah pamekasan. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan subjek dalam penelitian kali ini yaitu siswa-siswi kelas VII MTs. Nurus Sholah pamekasan dan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS kelas VII MTs. Nurus Sholah pamekasan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisa Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitan ini menunjukkan bahwa strategi guru IPS kelas VII di Mts Nurus sholah dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa dengan model pembelajaran PBL antara lain, yaitu guru menyiapakan perangkat pembelajaran yang disusun berdasarkan pengembangan kurikulum 2013 yang memuat aspek sikap tanggung jawab. Adapun pada pelaksanaan pembelajaran guru sebagai fasilitator, guru menerapkan metode dan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap rasa tanggung jawab dan sesuai dengan materi yang dibahas Kemudian pada pascapembelajaran guru menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari, dan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengukur tingkat pemahaman dan pencapaian siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:59
Last Modified: 31 Oct 2024 07:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7387

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item