Masruroh, Masruroh (2024) Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B Mts As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381082042_SAMPUL.pdf Download (14kB) |
|
Text
20381082042_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text
20381082042-HLM Pengesahan.pdf Download (343kB) |
|
Text
20381082042_ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
20381082042_DAFTAR ISI.pdf Download (295kB) |
|
Text
20381082042_BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
20381082042_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
Text
20381082042_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
20381082042_BAB IV.pdf Download (173kB) |
|
Text
20381082042_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
20381082042_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text
20381082042_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (292kB) |
Abstract
Kata kunci: Model Berbasis Proyek, Prestasi Belajar, Pelajaran IPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil prestasi belajar siswa IPS yang tergolong masih rendah, karena minimnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran dapat menyebabkan prestasi belajar siswa menurun. Hal ini disebabkan karena pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah, penugasan kebergantungan pada buku teks, kurang menarik dan pembelajaran terasa membosankan. Akibatnya siswa menjadi tidak aktif dan enggan mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa kurang memahami materi yang sedang dipelajari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus,setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap prencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII B dengan jumlah 22 orang siswa di MTs As�salafiyah pakong, pamekasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I ranah kognitif mencapai persentase 66, kemudian siklus II mengalami peningkatan yakni ranah kognitif persentase sebesar 80,86 (kategori sangat baik). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulannya bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran IPS di MTs As-salafiyah sumber duko pakong pamekasan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:59 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7392 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |