Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B Mts As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan

Masruroh, Masruroh (2024) Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII B Mts As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381082042_SAMPUL.pdf

Download (14kB)
[img] Text
20381082042_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
20381082042-HLM Pengesahan.pdf

Download (343kB)
[img] Text
20381082042_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
20381082042_DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
20381082042_BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
20381082042_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
20381082042_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
20381082042_BAB IV.pdf

Download (173kB)
[img] Text
20381082042_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
20381082042_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
20381082042_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (292kB)

Abstract

Kata kunci: Model Berbasis Proyek, Prestasi Belajar, Pelajaran IPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil prestasi belajar siswa IPS yang tergolong masih rendah, karena minimnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran dapat menyebabkan prestasi belajar siswa menurun. Hal ini disebabkan karena pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah, penugasan kebergantungan pada buku teks, kurang menarik dan pembelajaran terasa membosankan. Akibatnya siswa menjadi tidak aktif dan enggan mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa kurang memahami materi yang sedang dipelajari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus,setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap prencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII B dengan jumlah 22 orang siswa di MTs As�salafiyah pakong, pamekasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I ranah kognitif mencapai persentase 66, kemudian siklus II mengalami peningkatan yakni ranah kognitif persentase sebesar 80,86 (kategori sangat baik). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulannya bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran IPS di MTs As-salafiyah sumber duko pakong pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:59
Last Modified: 31 Oct 2024 07:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7392

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item