Anggraini, Aldini Elina (2020) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa dalam Belajar di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_COVER_BKPI.pdf Download (179kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_LEMBAR_ PERSETUJUAN_PEMBIMBING_BKPI.pdf Download (428kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_LEMBAR PENGESAHAN_BKPI.pdf Download (191kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_ABSTRAK _BKPI.pdf Download (145kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_BAB I_BKPI.pdf Download (298kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_BAB IV _BKPI.pdf Download (411kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
ALDINI ELINA ANGGRAINI_20160701090012_DAFTAR PUSTAKA_BKPI.pdf Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki self efficacy rendah dalam belajar seperti siswa yang masih belum percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru BK dalam meningkatkan self efficacy siswa dalam belajar di MA Miftahul Qulub. Ada tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, 1) Apa saja program BK dalam meningkatkan self efficacy siswa dalam belajar di MA Miftahul Qulub? 2) Bagaimana Peran Guru BK dalam meningkatkan Self Efficacy siswa dalam belajar di MA Miftahul Qulub? 3) Apa saja kendala dan solusi guru BK dalam meningkatkan Self efficacy siswa dalam belajar di MA Miftahul Qulub? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,program guru BK untuk meningkatkan self efficacy siswa dalam belajar program kedisplinan untuk membantu siswa dalam mendisiplinkan dirinya sendiri, kedua, peran guru BK yakni, sebagai konselor, sebagai konsultan, sebagai agen pengubah, sebagai agen prevensi primer dan terakhir sebagai manajer. Ketiga, kendala dan solusi guru BK tidak ada jam khusus BK sehingga melakukan kerjasama dengan guru mapel dan wali kelas untuk mengetahui perkembangan siswa, guru BK bukan asli BK sehingga dalam menghadapi siswa yang bermasalah sehingga siswa kurang terbuka, untuk itu guru BK mengikuti kegiatan workshop, seminar dan MGBK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 04:22 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:15 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/74 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |