Kamaliya, Faida (2024) Analisis Peran Guru IPS Dalam Menanamkan Karakter Nasionalisme Pada Siswa Kelas VIII mtSn 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Faida Kamaliya_20381082005_SAMPUL.pdf Download (108kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_HALAM PERSETUJUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (216kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_BAB I.pdf Download (207kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_BAB IV.pdf Download (241kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
Text
Faida Kamaliya_20381082005_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (216kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru IPS, Karakter Nasionalisme Siswa Karakter nasionalisme atau cinta tanah air dapat ditanamkan kepada anak sejak usia dini agar anak menjadi manusia yang dapat menghargai bangsa dan negaranya. Disiniliah peran guru sangat penting dalam menanamkan karakter nasionalisme pada siswa agar mereka bisa menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada bangsanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peran guru IPS dalam menanamkan karakter nasionalisme pada siswa kelas VIII MTsN 2 Pamekasan, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan karakter nasionalisme pada siswa kelas VIII MTsN 2 Pamekasan, 3) solusi faktor penghambat dalam menanamkan karakter nasionalisme pada siswa kelas VIII MTsN 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari dua sumber data yaitu data primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder berupa buku, jurnal, dokumen pribadi, dokumen resmi sekolah, dan sumber lainnya. Informan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, gurur IPS, dan siswa kelas VIII MTsN 2 Pamekasan. Teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti mengambil jenis triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran guru IPS dalam menanamkan karakter nasionalisme pada siswa kelas VIII MTsN 2 Pamekasan yaitu guru berperan sebagai motivator dan inspirator. 2) Faktor pendukung dan pengambat dalam menanamkan karakter nasionalisme adalah a) pembiasaan yang diberikan oleh guru kepada siswa, b) guru dan orang tua juga bekerjasama untuk memberikan bimbingan dan arahan untuk keberhasilan siswa dalam menanamkan karakter nasionalisme, c) kesadaran siswa dalam menanamkan karakter nasionalisme dan pengaruh lingkungan siswa baik di sekolah, rumah maupung masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah a) faktor internal, b) faktor eksternal. 3) Solusi faktor penghambat dalam menanamkan karakter nasionalisme pada siswa yaitu siswa dibiasakan mengenal, menyadari, dan memahami nilai-nilai nasionalisme. Guru meberikan motivasi kepada siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:10 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7453 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |