Hasanah, Wardatul (2024) Implementasi Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS kelas IX Di MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_COVER_IPS.pdf Download (32kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_HALAMAN PERSETUJUAN_IPS.pdf Download (72kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_HALAMAN PENGESAHAN_IPS.pdf Download (98kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_ABSTRAK_IPS.pdf Download (82kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_DAFTAR ISI_IPS.pdf Download (70kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_BAB I_IPS.pdf Download (192kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_BAB II_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_BAB III_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_BAB IV_IPS.pdf Download (336kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_BAB V_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_DAFTAR PUSTAKA_IPS.pdf Download (131kB) |
|
Text
WARDATUL HASANAH_20381082021_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_IPS.pdf Download (106kB) |
Abstract
Kata Kunci : Picture and Picture, Hasil Belajar Pendidikan merupakan peran penting dalam sebuah kehidupan, untuk membentuk karakter seseorang. Namun masih banyak sekolah – sekolah yang harus menghadapi tantangan dalam meningkatkan rasa semangat belajar dan hasil belajar siswa, terutama dalam proses pembelajan yangdi anggap sulit untuk memahami dan tidak diminati. Penelitian ini dilakukan di MTs. Tarbiyatun Nasyin 1 Grujugan Larangan Pamekasan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Picture and picture. Metode Picture and picture dipilih karena merupakan metode untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Dari pra penelitian yang dilakukan dengan wawancara dan observasi menggambarkan kondisi yang ada di sekolah yakni minat belajar siswa tergolong rendah, terutama pada pembelajaran IPS dan matematika. Dikarenakan, kurangnya metode pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dan kurang berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Di MTs. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan sejumlah 38 orang. Teknik analisisnya menggunakan teknik kuantitatif dengan membandingkan hasil pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan metode ini merupakan metode untuk mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, mengembagkan keterampilan untuk berbicara, serta mendapatkan interaksi positif dalam kelompok. Dengan demikian, penggunaan metode Picture and picture diharapjan untuk menjadi solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Mts. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:17 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7456 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |