Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Plus Al Madaniyah Branta Tinggi Pamekasan

Isnawati, Isnawati (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Plus Al Madaniyah Branta Tinggi Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ISNAWATI_20381082037_SAMPUL_TIPS.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_HALAMAN PERSETUJUAN_TIPS.pdf

Download (113kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_HALAMAN PENGESAHAN_TIPS.pdf

Download (158kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_BAB I_TIPS.pdf

Download (491kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_BAB IV_TIPS.pdf

Download (781kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_DAFTAR RUJUKAN_TIPS.pdf

Download (231kB)
[img] Text
ISNAWATI_20381082037_KEASLIAN TULISAN_TIPS.pdf

Download (158kB)

Abstract

Kata Kunci :Quantum Learning, Kecerdasan Interpersonal, Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan saat masih berfokus pada bidang akademik siswa dan umum beranggapan bahwa anak yang dinilai pandai atau cerdas adalah anak yang memiliki kemampuan lebih baik dalam bidang akademik dan kurang memperhatikan kecerdasan lain yang dimiliki siswa seperti kecerdasan interpersonal siswa. Adapun tujuan penelitian ini 1). Untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa kelas IX SMP Plus Al Madaniyah, 2). Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Learning terhadap Kecerdasan interpersonal siswa kelas IX SMP Plus Al Madaniyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksperime pre experimental design one group pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Plus Al Madaniyah Branta Tinggi Pamekasan berjumlah 25 siswa. Objek penelitian berupa kecerdasan interpersonal siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket, pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas IX SMP Plus Al Madaniyah sebelum penerapan model pembelajaran Quantum Learning berada dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis nilai pretest posstest di peroleh nilai rata-rata kelas eskperimen dengan perlakuan lebih tinggi yaitu 69,2 dibandingkan kelas eksperimen sebelum perlakuan dengan skor 63,64. Dan berdasarkan hasil uji paired sample T Test dengan bantuan SPSS Versi 22 for windows pada hasil pretest posttest, diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,009 yang mana nilai ini lebih kecil < dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh Penerapan model pembelajaran Quantum learning terhadap kecerdasan interpersonal siswa dan menolak (Ho). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum learning mampu meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas IX di SMP Plus Al Madaniyah Branta Tinggi Pamekasan dan berpengaruh secara positif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:25
Last Modified: 05 Nov 2024 02:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7459

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item