Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Mata Pelajaran IPS Melalui Media Mind Mapping di SMP Negeri 8 Pamekasan.

Sari, Lilis Yunita (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Mata Pelajaran IPS Melalui Media Mind Mapping di SMP Negeri 8 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL..pdf

Download (235kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (123kB)
[img] Text
halaman pengesahan(2).pdf

Download (150kB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (857kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (210kB)

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pelajaran IPS, Mind Mapping Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil belajar IPS yang tergolong masih rendah, karena minimnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran dapat menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Hal ini disebabkan karena pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah, penugasan kebergantungan pada buku teks, kurang menarik dan pembelajaran terasa membosankan. Akibatnya siswa menjadi tidak aktif dan enggan mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa kurang memahami materi yang sedang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menunjukkan hasil pembelajaran siswa kelas VII A dalam ranah kognitif dengan menggunakan media mind mapping pada pembelajaran IPS, 2) menunjukkan hasil pembelajaran siswa kelas VII A dalam ranah afektif dengan menggunakan media mind mapping pada pembelajaran IPS, dan 3) menunjukkan hasil pembelajaran siswa kelas VII A dalam ranah psikomotorik dengan menggunakan media mind mapping pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII A dengan jumlah 30 orang siswa di SMP Negeri 8 Pamekasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, kuesioner/angket, dokumentasi, wawancara, lembar observasi guru serta lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ranah kognitif mencapai persentase 63,23 (kategori kurang), ranah afektif mencapai persentase 62,66 (kategori baik) dan ranah psikomotorik mencapai persentase 35,5 (kategori sangat kurang) kemudian siklus II mengalami peningkatan yakni ranah kognitif persentase sebesar 78,43 (kategori sangat baik), ranah afektif sebesar 82 (kategori sangat baik) dan ranah psikomotorik sebesar 84,5 (kategori sangat baik). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:33
Last Modified: 05 Nov 2024 02:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7461

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item