Hidayati, Nurul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Kelas VII Berupa Kotak Belajar Praaksara (Kopas) Pada Materi Kehidupan Manusia pada Masa Praaksara di MTs Hidayatut-Thullab Robatal Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nurul Hidayati_20381082051_cover_TIPS.pdf Download (13kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Halaman Persetujuan_TIPS.pdf Download (45kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Halaman Pengesahan_TIPS.pdf Download (50kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_abstrak_TIPS.pdf Download (35kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (32kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Bab I_TIPS.pdf Download (191kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Bab II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Bab III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Bab IV_TIPS.pdf Download (299kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Bab V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Daftar Pustaka_TIPS.pdf Download (151kB) |
|
Text
Nurul Hidayati_20381082051_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_TIPS.pdf Download (55kB) |
Abstract
Kata kunci: Pengembangan media, pembelajaran IPS, Kotak Belajar Praaksara (Kopas) Pengunaan media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran IPS sangat penting. IPS sebagai mata pelajaran mempelajari berbagai kehidupan manusia dan lingkungannya memiliki bidang kajian yang luas, sehinggahal itu dibutuhkan media pembelajaran untuk mencegah verbalitas saat penyampaian materi. Berdasarkan pengamatan pra penelitian di MTs Hidayatut-Thullab Robatal Sampang didapati bahwa guru kurang dalam menggunakan media pembelajaran. Untuk itu peneliti memutuskan untuk melakukan pengembangan media untuk pembelajaran IPS yaitu Kotak Belajar Praaksara (Kopas). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media Kotak Belajar Praaksara (Kopas) pada muatan IPS materi kehidupan manusia pada masa praaksara dan untuk mengidentifkasi kelayakan media Kotak Belajar Praaksara (Kopas) pada muatan IPS materi kehidupan manusia pada masa praaksara. Penelitian in menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Researchand Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kopas layak untuk digunakan karena memenuhi syarat kelayakan yang telah divalidasi oleh ahli, dari ahli materi 4,7 dengan kategori sangat layak dan dari ahli media 3,3 dengan kategori layak. Respon dari guru mendapatkan nilai 88,6% menunjukkan bahwa media Kopas sangat layak dan dari respon siswa mendapatkan nilai 87,8 % yang berarti media Kopas sangat menarik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:25 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7470 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |