azizah, Putri aulia (2024) Pengaruh model scramble terhadap keaktifan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_Sampul.TIPS.pdf Download (42kB) |
|
Text
PUTRI AULIA AZIZAH_ 20381082068_Halaman Persetujuan Pembimbing_TIPS.pdf Download (62kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_Halaman Pengesahan_TIPS.pdf Download (120kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_Abstrak_TIPS.pdf Download (44kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (76kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_BAB I_TIPS.pdf Download (292kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_BAB IV_TIPS.pdf Download (466kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_Daftar Pustaka_TIPS.pdf Download (192kB) |
|
Text
Putri Aulia Azizah_20381082068_ Pernyataan Keaslian_TIPS.pdf Download (74kB) |
Abstract
Kata kunci: Model Scramble, Keaktifan Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh keaktifan siswa merupakan hal yang cukup krusial dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan keaktifan belajar mereka. Sehingga dalam rangka meningkatkan keaktifan belajar siswa guru IPS dapat menggunakan model yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah model scramble berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Ada 2 rumusan masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini, 1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran scramble terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Pademawu 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan model scramble terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Pademawu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran scramble dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan ajar mengajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji analisis regresi linier sederhana dengan nilai sig lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,00 < 0,05 yang artinya model scramble berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa. diperkuat oleh hasil uji koefisien determinasi yang menghasilkan nilai pengaruh sebesar 56% terhadap keaktifan siswa di SMP Negeri 1 Pademawu, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh 44%. Selanjutnya dapat dilihat hasil dari t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 9,582 > 1,993 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran scramble memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa di SMP Negeri 1 Pademawu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:31 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7473 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |