Anam, Syaiful (2024) Penerapan Pembelajaran Andragogi dalam Menciptakan Learning Society pada Majelis Taklim Koloman Kyaeh Kampoeng. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381011059 SAMPUL.pdf Download (101kB) |
|
Text
20381011059 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (180kB) |
|
Text
20381011059 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
20381011059 ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text
20381011059 DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) |
|
Text
20381011059 BAB I.pdf Download (403kB) |
|
Text
20381011059 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
|
Text
20381011059 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
20381011059 BAB IV.pdf Download (749kB) |
|
Text
20381011059 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
20381011059 DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (311kB) |
|
Text
20381011059 PERNYATAAN KEASLIAN .pdf Download (95kB) |
Abstract
Kata Kunci : Penerapan Pembelajaran Andragogi, Learning Society, Majelis Taklim Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ditemui di majelis taklim koloman kyaeh kampoeng di desa Blumbungan Pamekasan mengenai penerapan pembelajaran andragogi dalam majelis taklim koloman kyaeh kampoeng dalam menciptakan learning society. Pertama, bagaimana penerapan pembelajaran andragogi dalam majelis taklim koloman kyaeh kampoeng di desa Blumbungan Pamekasan? Kedua, bagaimana pembelajaran Andragogi mampu menciptakan learning society pada majelis taklim koloman kyaeh kampoeng di desa Blumbungan Pamekasan ? Ketiga, apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran andragogi dalam majelis taklim Koloman Kyaeh Kampoeng di desa Blumbungan Pamekasan ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. melalui dari pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi. yang menjadi narasumber pada penelitian ini yaitu pengurs majelis taklim koloman kyaeh kampoeng, ketua panitia pelaksana, dan jamaah majelis taklim koloman kyaeh kampoeng sebagai informan dalam memperoleh data dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian ini adalah pralapangan penelitian dan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan pembelajaran andragogi dalam majelis taklim koloman kyaeh kampoeng melalui dua tahapan agenda, yakni melalui kegiatan majelis taklim dan agenda diluar majelis taklim. Kedua, pembelajaran andragogi mampu menciptakan learning society dalam majelis taklim koloman kyaeh kampoeng diantaranya : a. Kesadaran pengembangan diri masyarakat untuk menghadiri majelis taklim, b. Pembelajaran sosial, c. Kontrol sosial dalam majelis taklim, d. Kesadaran jamaah dalam mengevaluasi diri. Ketiga, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran andragogi dalam majelis taklim koloman kyaeh kampoeng di desa blumbungan pamekasa unsur pendukung dirasakan dengan adanya saran dan prasarana yang memadai yang kemudian disokong oleh kekompakan kiai dalam bergabung dalam majelis taklim koloman kyaeh kampong. Adapun faktor penghambat disandarkan kepada faktor fisiologis jamaah yang terkendala faktor usia dan juga minimnya pendanaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:47 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7523 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |