Rohim, Fathur (2024) Metode Diskusi Dalam Menumbuhkan Kepedulian Terhadap Lagu Daerah Pada Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas 6 SDN Ponteh 1. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
sampul.pdf Download (223kB) |
|
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf Download (239kB) |
|
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf Download (840kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR ISI..pdf Download (195kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (430kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
bab 4.pdf Download (469kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (303kB) |
|
Text
HAL KEASLIAN.pdf Download (391kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Diskusi, Lagu Daerah dan Kepedulian Metode diskusi merupakan wadah interaksi siswa dalam bentuk kelompok dan memecahkan masalah yang akan dibahas. Rendahnya kepedulian siswa, dikarenakan oleh materi lagu daerah yang diberikan kurang sesuai atau kurang cocok dengan lingkungan sosial (tempat tinggal) para siswa. Di samping itu, hal yang tak kalah pentingnya, adalah para siswa cukup rumit memainkan lagu-lagu daerah tersebut, karena tingkat kesulitan aransemennya yang kurang sesuai untuk kategori siswa sekolah dasar, baik dari segi interval nadanya maupun dari segi pola ritmiknya serta teknik memainkan alat musiknya. Terdapat dua fokus dalam penelitian ini, pertama Bagaimana metode diskusi dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lagu daerah pada pembelajaran Seni Budaya di kelas 6 SDN Ponteh 1; kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat metode diskusi dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lagu daerah pada pembelajaran Seni Budaya di kelas 6 SDN Ponteh 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Informennya adalah kepala sekolah SDN Ponteh 1, guru sen budaya, wali kelas 6 dan siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode diskusi dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lagu daerah pada pembelajaran seni budaya di kelas 6 SDN Ponteh 1 yaitu selalu melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode diskusi terutama pada mata pelajaran seni budaya bahkan penerapannya didukung oleh banyaknya buku-buku yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan pedoman saat berdiskusi. 2) Faktor pendukung dan penghambat metode diskusi dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lagu daerah pada pembelajaran seni budaya di kelas 6 SDN Ponteh 1 yaitu Faktor pendukung dalam penerapan metode diskusi di SDN Ponteh 1 yaitu adanya dukungan fasilitas sarpras dari kepala sekolah terkait pengadaan dan pembaruan buku-buku, kemampuan kompetensi guru seni budaya dalam mengolah dan menyajikan metode pembelajaran serta siswa-siswa yang aktif dan gemar diskusi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah penerapan metodediskusi dirasa belum maksimal karena waktu yang disediakan kurang. Hal ini menyebabkan waktu yang untuk membaca buku sangatlah sedikit sehingga belum dirasa cukup oleh warga sekolah khususnya wali kelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 03:19 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 03:19 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7536 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |