Peran Guru Dalam Melatih Keterampilan Berbicara Di Depan Kelas Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Darul Mustofa Desa Meteng Kecamatan Omben Kabupaten Sampang

Novianti, Dianh (2024) Peran Guru Dalam Melatih Keterampilan Berbicara Di Depan Kelas Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Darul Mustofa Desa Meteng Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_Sampul_PGMI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_Abstrak_PGMI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_Daftar isi_PGMI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_BAB 1_PGMI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_BAB 2_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_BAB 3_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_BAB 4_PGMI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_BAB 5_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Dianah Novianti_20381052090_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (58kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Keterampilan Berbicara Berbicara merupakan keterampilan yang dibutuhkan setiap individu karena melalui berbicara setiap individu dapat mengkomunikasikan apa yang dikehendaki. Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa dari empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami peran guru dalam melatih keterampilan berbicara di depan kelas pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana peran guru dalam melatih keterampilan berbicara di depan kelas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI darul Mustofa Omben Sampang. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat keterampilan berbicara di depan kelas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul mustofa Omben Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperolah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informennya adalah kepala MI Darul Mustofa omben Sampang, Wali Keas V, Guru Bahasa Indonesia, dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi sumber. Perpanjangan pengamatan adalah prosedur dalam penelitian yang dilakukan dengan cara kembali ke lapangan untuk melakukan pengamatan dan wawancara ulang dengan sumber data, contohnya seperti mengecek kembali data yang telah diperoleh dengan sumber data asli atau sumber data lain. Sedangkan triangulasi sumber adalah jenis triangulasi yang menggunakan beberapa sumber untuk mendapatkan wawasan tentang suatu topik. Contohnya adalah peneliti melakukan wawancara dengan beberapa sumber, alias tidak hanya dengan satu sumber saja. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam melatih keterampilan berbicara di depan kelas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul Mustofa Omben Sampang antara lain yaitu, pertama, peran guru dalam meningkatkan ketepatan pelafalan, seperti kejelasan pengucapan suatu kaliamat kedua, peran guru dalam meningkatkan pembendaharaan kosa kata peran guru dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat, ketiga, peran guru dalam meningkatkan pemahaman perihal isi materi/pembicaraan, keempat, peran guru dalam melatih gerak gerik tubuh siswa, kelima, peran guru dalam melatih mental siswa. 2) Faktor pendukung dan penghambat keterampilan berbicara di depan kelas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul mustofa Omben Sampang ada beberapa hal. Faktor yang sangat mendukung terhadap keterampilan berbicara di depan kelas yaitu, pertama, adanya sinergitas antar guru di MI Darul Mustofa Omben Sampang, hal ini dibuktikan dengan guru yang saling membantu sama lain dalam menghadapi siswa yang kesulitan berbicara di depan umum, kedua, adanya dorongan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, pertama, adanya siswa yang terlampau nakal, kedua, adanya siswa yang memiliki karakter pemalu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 15 Nov 2024 06:24
Last Modified: 15 Nov 2024 06:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7538

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item