Umam, Khotibul (2024) Analisis Komunikasi Interpersonal pada Remaja Otaku Anime di Dusun Nak Darah Angsanah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_COVER_BKPI.pdf Download (353kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf Download (265kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf Download (269kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_ABSTRAK_BKPI.pdf Download (129kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_DAFTAR ISI_BKPI.pdf Download (1MB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_BAB I_BKPI.pdf Download (197kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_BAB IV_BKPI.pdf Download (579kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_DAFTAR RUJUKAN_BKPI.pdf Download (124kB) |
|
Text
KHOTIBUL UMAM_20381091072_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf Download (262kB) |
Abstract
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Remaja, Otaku Anime Remaja otaku anime yaitu seseorang yang memiliki ketertarikan yang berlebih terhadap aspek tertentu dalam budaya populer Jepang yaitu animasi (anime) baik dari segi film, komik dan aksesoris. Seorang otaku anime identik dengan kehidupan no life atau dalam bahasa gaulnya lebih dikenal dengan istilah nolep. Nolep adalah perilaku ketika seseorang lebih memilih untuk menyendiri dibanding menjalankan kehidupan sosialnya. Dilatarbelakangi hal tersebut peneliti memiliki keingintahuan tentang komunikasi interpersonal pada remaja otaku anime di Dusun Nak Darah Angsanah Pamekasan. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu: komunikasi interpersonal pada remaja otaku anime di Dusun Nak Darah Angsanah Pamekasan, komunikasi interpersonal antar sesama remaja otaku anime di Dusun Nak Darah Angsanah Pamekasan, faktor penyebab otaku anime di Dusun Nak Darah Angsanah Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian pada pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan yang terakhir triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama komunikasi interpersonal pada remaja otaku anime di Dusun Nak Darah Angsanah Pamekasan, yaitu Memiliki sifat yang pemalu dan cenderung tertutup terhadap orang baru mereka juga tidak terlalu suka keramaian dan lebih memilih menghabiskan waktunya dirumah untuk menonton anime, membaca manga, atau bermain game. Kedua komunikasi antar sesama remaja otaku anime lebih baik dibandingkan dengan komunikasi interpersonal dengan non-otaku karena menurut mereka akan lebih nyambung ketika berbicara dengan orang yang memiliki hobi sama. Namun, hal tersebut juga membuat mereka tidak terlalu banyak mempunyai teman diluar kalangan otaku anime. Ketiga faktor penyebab otaku anime yaitu faktor internal yang merupakan kebiasaan mereka menonton anime sejak kecil sehingga menjadi kebiasaan hingga saat ini. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan tempat tinggal yang memang terdapat banyak anak-anak penggemar anime dan pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial semakin memudahkan untuk mengakses berbagai jenis hiburan termasuk anime
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 06:34 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 06:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7542 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |