Hafid, Mohammad (2024) Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Nilai Karakter Pada Siswa Di MI AL-Khalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MOHAMMAD HAFID_HALAMAN SAMPUL_PGMI.pdf Download (73kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf Download (135kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (106kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (72kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (142kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_BAB I_PGMI.pdf Download (143kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_BAB IV_PGMI.pdf Download (172kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (85kB) |
|
Text
MOHAMMAD HAFID_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf Download (201kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru, Penanaman Karakter, Religius, Jujur, Disiplin, Tanggung Jawab, Mi Al-Khalili Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius, jujur, disiplin, dan tanggung jawab pada siswa di MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua rumusan masalah: 1) strategi apa saja yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa, dan 2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan strategi tersebut. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di MI Al-Khalili menggunakan berbagai strategi terstruktur dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Di kelas 4, metode pembelajaran berbasis proyek diterapkan untuk menanamkan karakter religius dan tanggung jawab melalui kegiatan yang mengharuskan siswa mencatat aktivitas ibadah dan tanggung jawab mereka di rumah. Di kelas 5, metode kisah atau cerita digunakan untuk menyampaikan nilai�nilai kedisiplinan, kejujuran, dan religiusitas melalui tokoh yang dijadikan contoh. Sementara di kelas 6, metode pembelajaran aktif dan proyek kolaboratif dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, kerja sama, serta manajemen waktu yang berkaitan dengan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab. Pembiasaan harian juga mendukung strategi ini, seperti membaca Al�Qur'an dan Asmaul Husna setiap pagi untuk menumbuhkan karakter religius, serta kebijakan disiplin terkait ketepatan waktu dan kejujuran melalui kebijakan remedial tanpa hukuman tambahan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi ini meliputi dukungan kepala sekolah, lingkungan sekolah yang mendukung, kolaborasi antar-guru, serta motivasi dan kesadaran siswa. Pendekatan integratif yang diterapkan berhasil menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa tidak hanya melalui proses pembelajaran formal, tetapi juga melalui kebiasaan sehari-hari yang konsisten di sekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 06:46 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 06:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7547 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |