Pengunaan Media Buku Penghubung Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Siswa MI Miftahul Ulum Ragang Pemekasan

Maldadi, Wadud (2024) Pengunaan Media Buku Penghubung Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Siswa MI Miftahul Ulum Ragang Pemekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_SAMPUL_PGMI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
WADUD MALDADI_20381051086_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_BAB I_PGMI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_BAB IV_PGMI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Wadud Maldadi _ 20381051086_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (79kB)

Abstract

Kata Kunci: Media, Buku Penghubung, Sikap Disiplin Proses Pendidikan tidak hanya terbatas pada Pendidikan di sekolah. Akan tetapi Pendidikan juga harus diupayakan di luar sekolah. Buku penghubung siswa menjembatani komunikasi pihak lembaga sekolah dan orang tua untuk menyelenggakan pendidikan secara terintegrasi, baik di lingkungan sekolah atau luar sekolah. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media buku penghubung dalam menanamkan sikap disiplin siswa dan bagaimana kelebihan serta kelemahan buku penghubung siswa dalam menanamkan sikap disiplin siswa di MI Miftahul Ulum Ragang Pemekasan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis pengunaan media buku penghubung dalam menanamkan sikap disiplin siswa dan kelebihan serta kelemahan Media Buku Penghubung Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Siswa MI Miftahul Ulum Ragang Pemekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai partisipan penuh. Penelitian dilakukan di MI Miftahul Ulum Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer antara lain kepala sekolah, guru, siswa dan wali siswa serta dokumen buku penghubung siswa. Sedangkan sumber data sekunder adalah data yang tidak menjelaskan secara langsung fakta penelitian. Adapun prosedur pengumpulan data berupa observasi terus terang, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Triangulasi Metode dan Triangulasi Sumber. Proses mengalisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini menghasilkan dua hal berikut: Pertama, penggunaan buku penghubung secara efektif dapat membantu guru dan orang tua memantau serta mendorong kedisiplinan siswa. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam mengevaluasi catatan yang ada pada buku penghubung berkontribusi positif dalam membangun kedisiplinan siswa. Media buku penghubung di MI Miftahul Ulum Ragang Pemekasan memiliki tahapan penggunan mulai dari penyusunan buku penghubung, pengisian catatan oleh guru, pemeriksaan oleh siswa dan orang tua/wali kemudian tanda-tangan oleh orang tua/wali, diskusi dan evaluasi berkenaan dengan kondisi yang khusus. Kedua, Kelebihan buku penghubung siswa terlihat pada aspek fungsional dimana buku penghubung siswa dapat mendorong komunikasi masif, transparansi informasi, mendorong disiplin dan alat evaluasi. Sementara kelemahan dari buku penghubung siswa dapat menyebabkan guru hanya bergantung pada komunikasi melalui buku penghubung kepada orang tua /wali. Selain itu buku penghubung siswa juga memiliki keterbatasan penggunaan dalam komunikasi dan kontrol, dan buku ini sangat memerlukan waktu khusus bagi guru dalam penerapannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 15 Nov 2024 07:14
Last Modified: 15 Nov 2024 07:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7557

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item