Maulana, Moh. Erfan (2024) Revitalisasi Motivasi Belajar Santri Melalui Life Model Kyai di Pondok Pesantren Ummul Quro As-Suyuty Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sampul.pdf Download (61kB) |
|
Text
persetujuan.pdf Download (113kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (216kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (26kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (750kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
keaslian tulisan.pdf Download (321kB) |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Life Model. Revitalisasi motivasi belajar adalah upaya atau proses untuk menghidupkan kembali, memperkuat, atau meningkatkan motivasi belajar seseorang. Motivasi belajar santri melalui life model kyai karena peran kyai sebagai panutan dalam mendidik nilai-nilai moral santri. Penelitian ini berfokus pada pertama, bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren ummul quro as�suyuty pamekasan?, kedua, bagaimana gambaran life model kyai di pondok pesantren ummul quro as-suyuty pamekasan?, ketiga, apasaja faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar santri dalam life model kyai di pondok pesantren ummul quro as-suyuty pamekasan?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan triangulasi sumber dan metode. Dengan harapan peneliti dapat mendapatkan informasi yang valid tentang suatu keadaan yang ada disana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, cara meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren ummul quro as-suyuty pamekasan yaitu keteladanan kyai menjadi contoh nyata dalam hal akhlak dan kedisiplinan, metode pembelajaran yang menarik seperti pengajian dan diskusi interaktif mendorong santri untuk aktif berpartisipasi, Kedua, gambaran life model kyai di pondok pesantren ummul quro as-suyuty pamekasan yaitu life model kyai mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dengan pendidikan akademis, kedekatan kyai dengan santri berfungsi sebagai teladan yang menunjukkan akhlak, dan dedikasi terhadap ilmu, kyai aktif dalam kegiatan masyarakat menginspirasi santri untuk peduli dan melakukan kebaikan dalam bermasyarakat. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar santri dalam life model kyai di pondok pesantren ummul quro as-suyuty pamekasan yaitu seperti sikap dan perilaku kyai yang baik menjadi contoh yang menginspirasi santri untuk meniru dan menerapkan nilai-nilai positif dalam belajar, minat pribadi dan tujuan hidup santri sangat mempengaruhi motivasi belajar, lingkungan pondok pesantren yang saling membantu dan mendorong antar santri menciptakan atmosfer belajar yang positif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 07:38 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 07:38 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7558 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |