Analisis Strategi Guru Dalam Pembelajaran IPS Untuk Membentuk Sikap Mandiri Siswa Tunarungu Di SLB Api Alam Pamekasan

Sholehah, Kholifatus (2024) Analisis Strategi Guru Dalam Pembelajaran IPS Untuk Membentuk Sikap Mandiri Siswa Tunarungu Di SLB Api Alam Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_SAMPUL_TIPS.pdf

Download (59kB)
[img] Text
2. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_HALAMAN PERSETUJUAN_TIPS.pdf

Download (844kB)
[img] Text
3. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_LEMBAR PENGESAHAN_TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (34kB)
[img] Text
5. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (71kB)
[img] Text
6. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_BAB I_TIPS.pdf

Download (171kB)
[img] Text
7. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
8. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
9. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_BAB IV_TIPS.pdf

Download (243kB)
[img] Text
10. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
11. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_DAFTAR PUSTAKA_TIPS.pdf

Download (121kB)
[img] Text
12. KHOLIFATUS SHOLEHAH__19381082043_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_TIPS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Sikap Mandiri, Tunarungu Sikap mandiri merupakan kemampuan seseorang untuk tidak tergantung kepada orang lain serta bertanggung jawab atas apa yang dilakukannnya. kemadirian adalah suatu kemampuan untuk mengontrol tindakan sendiri, bebas dari kontrol orang lain, dapat mengatur diri sendiri, mampu mengambil keputusan sendiri tanpa harus mendapat bimbingan dari orang tua atau orang lainnya dan mampu mengarahkan perasaan tanpa pengaruh dari orang lain Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui strategi guru dalam mengajar siswa yang berkebutuhan khusus (tunarungu) pada prapembelajaran; kedua, untuk mengetahui strategi guru dalam mengajar siswa yang berkebutuhan khusus (tunarungu) pada pembelajaran; ketiga, untuk mengetahui strategi guru dalam mengajar siswa yang berkebutuhan khusus (tunarungu) pada pascapembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan informan guru IPS dan siswa tunarungu Kelas VIII. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, penggunaan bahan referensi dan perpanjangan keikutsertaan. Untuk analisis data, peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi yang digunakan guru dalam mengajar siswa tunarungu pada prapembelajaran IPS adalah dengan menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik yang dapat mendukung terlaksananya proses belajar dan siap memberi respon atau jawaban selama proses pembelajaran. Straategi ini berdampak posotif atas adanya akumulasi pengalaman dari tanggapan-tanggapan tipe yang sama sehingga membantu perkembangan sikap kemandirian siswa SLB Api Alam. Kedua, strategi yang digunakan guru dalam mengajar siswa tunarungu pada saat pembelajaran berlangsung yaitu dengan metode oral atau verbal yaitu berkomunikasi secara lisan, membaca ujaran kegiatan mengamati dan memahami gerak lisan, dan metode manual atau non verbal yaitu melatih siswa berkomunikasi dengan bahasa isyarat, serta kombinasi metode komunikasi antara komunikasi verbal dengan non verbal. Setrateagi ini terbukti meningkatkan pengamatan terhadap sikap lain yang berbeda sehingga perkembangan sikap kemandirian siswa SLB Api Alam juga meningkat. Ketiga, strategi yang digunakan guru dalam mengajar siswa tunarungu pada pascapembelajaran yaitu meninjau kembali untuk mengetahui apakah pelajaran yang telah diajarkan dikuasai siswa atau tidak. Memberi tugas atau latihan kepada siswa dengan tujuan sebagai pemberian motivasi dan menanamkan kejujuran dan kemandirian bagi siswa. Kemudian guru menutup kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 20 Nov 2024 06:50
Last Modified: 20 Nov 2024 06:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7579

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item