"Penerapan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Membaca Kritis Cerpen Siswa kelas VII di MTsN II Pamekasan“

Haris, Dahlan (2020) "Penerapan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Membaca Kritis Cerpen Siswa kelas VII di MTsN II Pamekasan“. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_COVER_BHS.INDO.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_Lembar Persetujuan_BHS.INDO.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_Lembar Pengesahan_BHS.INDO.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_ Abstrak_ BHS.INDO.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_DAFTAR ISI_BHS.INDO.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_ BAB I_ BHS.INDO.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_ BAB II_ BHS.INDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_ BAB III_ BHS.INDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_ BAB IV_ BHS.INDO.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_ BAB V_ BHS.INDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_DAFTAR PUSTAKA_BHS.INDO.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Haris Dahlan_ 20160701070034_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_BHS.INDO.pdf

Download (19kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Speed Reading, Membaca Kritis Cerpen Membaca adalah salah satu kebutuhan dari berbahasa. Setiap kita membaca ada beberapateknik dengan caratidak di latar beakangi oleh suatu pemahaman yaitu dengan teknik “Speed Reading”. Membaca cepat “Speed Reading” merupakan salah satu jenis membaca yang mengutamakan kecepatan dan daya serap terhadap isi bacaan, yang mana mata kita bergerak dengan cepat melihat dan memperhatikan bahan tertulis untuk mencari serta mendapatkan informasi tertentu. Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: pertama, bagaimana penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan. kedua, apa sajakah faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan. ketiga, Bagaimana solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MtsN II pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Guru Bahasa indonesia, serta siswa MTsN II pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci. Hasil temuan penelitan: menunjukkan bahwa: pertama penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan, yaitu memberikan arahan tentang materi membaca kritis, kedua, memberikan gambaran mengenai penerapan metode speed readig, ketiga, memberi motifasi siswa dalam pembelajaran, keempat, guru membimbing siswa dalam pembelajaran membaca, kelima, memberikan penjelasan kepada siswa yang belum paham mengenai materi yang dipelajari, faktor pendukung dalam penerapan penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan: pertama, fasilitas cukup memadai buku dan perpus sudah tersedia, kedua, sebagian siswa ikut berpartisipasi dalam pembelajaran, ketiga, memberikan tugas kepada siswa, keempat, menjelaskan dengan baik, kelima, lingkungan sekolah yang kondusif, kendala dalam penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan: pertama, banyak siswa yang malas membaca, kedua, siswa belum menguasai materi, ketiga, guru terlalu monoton saat menjelaskan materi pembelajaran, solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTs Negeri II Pamekasan pertama yaitu memberikan dukungan, memiliki kostaka yang luas, memiliki konsntrasi yang baik, motivasi dan nasehat kedapa siswa dengan tujuan untuk bisa lebih mahir dalam membaca cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:55
Last Modified: 19 Jul 2024 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/759

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item