Thirofi, A. Luthfan Dzata (2024) Urgensi Pemahaman Gaya Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Darul Amin Waru Barat Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381091089 _SAMPUL.pdf Download (272kB) |
|
Text
20381091089_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (441kB) |
|
Text
20381091089_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (168kB) |
|
Text
20381091089_ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text
20381091089_DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
20381091089_BAB I.pdf Download (427kB) |
|
Text
20381091089_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
Text
20381091089_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
20381091089_BAB IV.pdf Download (460kB) |
|
Text
20381091089_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
20381091089_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (415kB) |
|
Text
20381091089_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (153kB) |
Abstract
Kata Kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar Peneliti tertarik meneliti urgensi pemahaman gaya belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa karena memahami gaya belajar merupakan faktor penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Setiap siswa memiliki cara unik dalam menerima dan mengolah informasi, yang mempengaruhi minat dan keinginan mereka untuk belajar. Penelitian ini berfokus pada tipe gaya belajar, motivasi belajar, dan urgensi pemahaman gaya belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs. Darul Amin. Dengan mengenali gaya belajar baik visual, auditori, maupun kinestetik guru dapat merancang strategi pengajaran yang lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan triangulasi sumber dan teknis. Dengan harapan peneliti dapat mendapatkan informasi yang valid tentang suatu keadaan yang ada disana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat tiga tipe gaya belajar siswa dalam memahami pembelajaran yakni gaya belajar visual yang mengandalkan penglihatan dalam memahami pelajaran seperti siswa mudah memahami saat guru mengajar dengan menggunakan indera penglihatannya, gaya belajar auditori yang mengandalkan pendengarannya dalam memahami pelajaran seperti siswa dengan mudah memahami dengan meberikan penjelasan secara lisan dan berulang-ulang, dan gaya belajar kinestetik yang mengandalkan gerakan tubuh seperti siswa yang menyukai mata pelajaran olahraga. Kedua, terkait motivasi belajar siswa di MTs. Darul Amin terbilang kurang, terdapat motivasi intrinsik seperti tumbuhnya semangat dari dalam diri siswa dan motivasi ekstrinsik seperti dukungan dari luar seperti orang tua, guru, dan teman. Ketiga, urgensi pemahaman gaya belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangat penting seperti bisa menyesuaikan metode pembelajaran, meningkatkan efektivitas belajar, meningkatkan keterlibatan dan motivasi, mendorong metode belajar yang beragam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 02:24 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 02:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7683 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |