Eksplorasi Gaya Belajar Anak Berkemampuan Rendah pada Siswa di SDN Bugih 5 Pamekasan

Sudahri, Jatmiko Prasetyo (2024) Eksplorasi Gaya Belajar Anak Berkemampuan Rendah pada Siswa di SDN Bugih 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_COVER_PGMI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_BAB I_PGMI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_BAB IV_PGMI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
JATMIKO PRASETYO SUDAHRI_19381051058_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (83kB)

Abstract

Kata Kunci: Eksplorasi, Gaya Belajar, Kemampuan Rendah Gaya belajar siswa yang berbeda-beda memiliki karakter yang dinamis, maka upaya guru menjadikan siswa sebagai generasi yang memiliki kemampuan berpikir secara kritis, memecahkan masalah, dengan kreatif, dan mampu berkolaborasi serta berkomunikasi yang baik. Maka, penting bagi guru menjadi guru profesionan yang memahami karakter dan gaya belajar siswa di sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka terdapat dua aspek masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : Apa saja macam-macam gaya belajar siswa yang berkemampuan rendah di SDN Bugih 5 Pamekasan?, kedua, Bagaimana solusi mengatasi dalam meningkatkan hasil belajar anak berkemampuan rendah di SDN Bugih 5 Pamekasan? Adapun penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Bentuk pengumpulan data diperoleh menggunakan metode wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Narasumber (informan) diperoleh dari Kepala Sekolah dan Guru Wali Kelas. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan : pertama, Macam�macam gaya belajar siswa yaitu gaya belajar Visual, Auditori dan Kinestetik. Perlu adanya motivasi dan pembimbingan dari guru wali kelas terhadap siswa berkemampuan rendah. Adanya fasilitas sarana prasarana yang memadai guna menunjang gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran. Pemberian tambahan jam pelajaran setelah pulang sekolah terhadap gaya belajar anak berkemampuan rendah. kedua, Guru mengidentifikasi siswa berkemampuan rendah agar dapat memberikan pembimbingan secara sabar dan intensif, guru mampu mengajak siswa agar lebih fokus dan aktif pada pembelajaran, guru mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif, guru lebih memperbanyak praktik daripada teori, adanya kerjasama dan peran serta dari pihak orang tua dalam mengawasi aktivitas belajar anak di lingkungan rumah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:20
Last Modified: 16 Dec 2024 02:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7751

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item