Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV di SDN Sumedangan II

Putri, Tika Heldiana (2024) Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV di SDN Sumedangan II. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_COVER_PGMI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_LEMBAR_PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_LEMBAR_PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_DAFTAR_ISI_PGMI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_BAB I_PGMI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_BAB IV_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034-DAFTAR_PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
TIKA HELDIANA PUTRI_20381052034_SURAT _PERNYATAAN_KEASLIAN_PGMI.pdf

Download (68kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Storytelling, Meningkatkan Keterampilan Berbicara, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Minimnya keterampilan berbicara siswa dapat menghambat pemahaman mereka pada pembelajaran. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat monoton yang menyebabkan kondisi kelas saat pembelajaran tidak kondusif dan membosankan. Adapun tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Sumedangan II. (2) Untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode Storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Sumedangan II. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sumedangan II Pademawu yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. KKTP dari Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Sumedangan II adalah 70. Hasil penelelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode Storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SDN Sumedangan II terdiri dari 2 siklus. Pada penerapan Siklus 1 terdapat 5 langkah tahapan Storytelling (menyampaikan judul cerita yang akan dibawakan, guru mengkondisikan kelas dan siswa agar siap mendengarkan cerita yang akan dibacakan, guru bercerita didepan kelas, guru memberikan penjelasan mengenai cerita yang disampaikan, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai isi cerita yang disampaikan). Pada penerapan Siklus II terdapat 6 langkah tahapan Storytelling (lima langkah pertama penerapannya sama dengan yang diterapkan pada penerapan Siklus I, namun pada langkah akhir Siklus II diterapkan satu tahapan Storytelling yakni dengan menutup cerita dan evaluasi yang mencakup tanya jawab mengenai tokoh-tokoh dan pesan moral dari cerita yang disampaikan). 2). Metode Storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Sumedangan II meningkat. Diperoleh nilai pada Pra Siklus nilai ketuntasan 20%, Siklus I nilai ketuntasan 36%, sedangkan pada siklus II nilai ketuntasan 88%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:20
Last Modified: 16 Dec 2024 02:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7754

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item