Ikkyas, Ali Yafi (2022) Peningkatan Keterampilan Mengajar Melalui Program Amaliyah Tadris Bagi Santri Kelas Akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM 19380011006 COVER.pdf Download (49kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 PERSETUJUAN.pdf Download (42kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 PENGESAHAN.pdf Download (204kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 BAB II.pdf Download (250kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 BAB III.pdf Download (87kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 BAB IV.pdf Download (531kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 BAB V.pdf Download (168kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 BAB VI.pdf Download (112kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 KEASLIAN TULISAN.pdf Download (54kB) |
|
Text
ALI YAFI IKKYAS NIM. 19380011006 LAMPIRAN.pdf Download (168kB) |
Abstract
Katakunci: keterampilan mengajar, program amaliyah tadris Amaliyah Tadris merupakan kegiatan intra kurikuler yang dilaksanakan santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep, yang mencakup latihan mengajar dan pengelolaan sekolah secara terbimbing dan terpadu. Bagi santri menerima pengetahuanpengetahuan secara teoritis kemudian diimplementasikan secara langsung dalam praktek mengajar. Kegiatan latihan mengajar ini dilaksanakan di kelas-kelas yunior seperti kelas 1,2 atau 3 Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan. Permaslahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan peningkatan keterampilan mengajar dengan model amaliyah tadris bagi santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?, 2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan keterampilan mengajar dengan model amaliyah tadris bagi santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?, 3) Bagaimana evaluasi peningkatan keterampilan mengajar dengan model amaliyah tadris bagi santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dipiih adalah Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep. Teknik cuplikan (sampling) menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam (deep interview), observasi berperan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles & Huberman (Data Condensation, Data Display, Conclusions Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan peningkatan keterampilan mengajar dengan model amaliyah tadris bagi santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep yang pertama yaitu santri TMI di bimbing terlebih dahulu bagaimana cara mengajar dan penguasaan materi yang akan di sampaikan. Yang kedua bagaimana membuat i'dad dan proses penyusunan i'dad. Setelah dinyatakan layak maka santri TMI di perkenankan untuk mengikuti program amaliyah tadris. Sementara evaluasi peningkatan keterampilan mengajar dengan model amaliyah tadris bagi santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI AlAmien Prenduan Sumenep ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sengaja untuk melihat tingkat keberhasilan program. Bentuk evaluasi model amaliyah tadris yaitu dengan cara membuat forum 1) Forum antar guru pembimbing dan teman sejawat sebagai upaya memberi arahan untuk perbaikan kesalahan bagi santri TMI yang menjadi guru praktekan. 2) Evaluasi hasil dilaksanakan oleh forum ustadz musyrif bimbingan dengan ustadz pengajaran dan pengasuh. Forum tersebut menjadi penentu kelulusan santri kelas akhir Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 01:59 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 01:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7781 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |