Mahmudah, Ummi (2022) Integrasi Nilai Keislaman dan Keindonesiaan di Pesantren Nurulhuda Pakandangan Bluto Sumenep,. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
COVER TESIS UMMI MAHMUDAH_18380012041.pdf Download (198kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (199kB) |
|
Text
pengesahan penguji.pdf Download (226kB) |
Abstract
Kata Kunci : Integrasi, nilai keislaman dan keindonesiaan, kurikulum pesantren Integrasi nilai keislaman dan keindonesiaan di pesantren ini merupakan cara yang urgen saat ini, karena siswa sangat beragam, baik dari latar belakang lingkungan dan bahasanya maupun cara pandang serta cara berinteraksi. Kepala sekolah juga sangat menekankan pendidikan harus diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan; humanis, toleransi, tolong menolong, demokrasi dan keadilan, persamaan hak, berbaik sangka, serta menghargai pendapat orang lain yang merupakan manivestasi hidup bernegara. Penelitian ini focus pada integrasi nilai keislaman dan keindonesiaan apa saja yang diajarkan di Pesantren Nurulhuda Pakandangan Bluto Sumenep dan Bagaimana strategi integrasi nilai keislaman dan keindonesiaan di Pesantren Nurulhuda Pakandangan dilakukan. Untuk mempermudah peneliti dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi,. Lokasi penelitian ini di dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi terhadap sumber data. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Integrasi nilai keislaman dan keindonesiaan dalam kurikulum pesantren Nurulhuda adalah nilai kesetaraan dan keadilan, nilai hubbul wathon, nilai keikhlasan dalam khidmah kepada agama dan Negara, nilai ukhuwah islamiyah, nilai entrepreneurship, nilai gotong royong, dan nilai moderat. Strategi integrasi nilai keislaman dan keindonesiaan dalam kurikulum pesantren Nurulhuda dilakukan dengan stratedi pembelajaran terpadu model connected. Yaitu model pembelajaran terpadu untuk keterhubungan berjenjang (Tsanawiyah dan Aliyah), ketersambungan materi ajar antar kelas, dan ketersambungan materi dengan praktek keterampilan dengan spirit penanaman nilai dan moral pada setiap peserta didik. Kemudian metode pembelajaran yang ditekankan adalah dengan metode VCT (value clarification tehnique) yaitu teknik mengungkap nilai dengan non-doktriner namun dapat disimpulkan sendiri oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:59 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7788 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |