Penerapan Metode Story Telling Terhadap Materi Daulah Abbasiyah Pada Pembelajaran SKI Siswa Kelas VIII MTsN 1 Pamekasan

Imamah, Devitri Nuril (2024) Penerapan Metode Story Telling Terhadap Materi Daulah Abbasiyah Pada Pembelajaran SKI Siswa Kelas VIII MTsN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
21381012013_SAMPUL.pdf

Download (195kB)
[img] Text
21381012013_Halaman Persetujuan.pdf

Download (187kB)
[img] Text
21381012013_Halaman Pengesahan.pdf

Download (358kB)
[img] Text
21381012013_ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
21381012013_DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
21381012013_BABI.pdf

Download (674kB)
[img] Text
21381012013_BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
21381012013_BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
21381012013_BABIV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
21381012013_BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
21381012013_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
21381012013_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (316kB)

Abstract

Kata Kiunci: Metode Story telling, Mater Daulah Abbasiyah, Pembelajaran SKI. Pentingnya pembelajaran Sejarah Kebuyaan Islam dan sulitnya siswa dalam memahami materi sejarah, Metode story telling menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Karena dalam penerapannya pada kelas VIII di MTsN 1 Pamekasan para siswa menjadi sangat antusias dan lebih memahami materi SKI. Ada 2 fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: 1. Bagaimana penerapan metode story telling pada materi daulah ababsiyah pembelajaran ski siswa kelas VIII9 MTsN 1 Pamekasan?. 2. Kendala apa saja yang di hadapi guru dalam penerapan metode story telling terhadap materi Daulah Abbasiyah pada pembelajaran ski siswa kelas VIII MTsN 1 Pamekasan?. Peneliti ini menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah waka kurikulum, guru, dan ssiswa. Pengecekan keabasahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Adanya penerapan metode story telling terhadap materi Daulah Abbasiyah pada pembelajaran SKI siswa kelas VIII MTsN 1 Pamekasan. Dengan menerapkan metode story telling agar siswa dapat memahami apa yang di jelaskan dan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi daulah ababsiyah pelaksanaannya guru memulai dengan mengingatkan siswa pembelajaran minggu lalu. Setelah itu, siswa mulai membaca materi yang telah disiapkan oleh guru mengenai peradapan Islam masa Daulah Abbasiyah sebagai persiapan untuk diskusi dan penjelasan lebih lanjut. Pembelajaran berlangsung dengan lancar, dimulai dengan pengenalan dan penguatan materi dasar dari guru, diikuti oleh kegiatan membaca mandiri oleh siswa. Pada kegiatan inti pembelajaran, guru memulai dengan memberikan dua aktivitas utama kepada siswa. Pertama, siswa diminta untuk membaca materi yang telah disiapakan. Guru menjelaskan bahwa tujuan dari membaca materi ini agar siswa memiliki gambaran awal tentang apa yang akan dipelajari, sehingga ketika guru memberikan penjelasan lebih lanjut, siswa sudah memiliki pemahaman Materi yang di pelajari kali ini adalah tentang sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah. Guru memberikan penjelasan singkat mengenai pokok-pokok materi tersebut ke kegiatan kedua. Setelah membaca dan memahami materi, siswa dibagi menjadi kelompok diminta untuk mengidentifikasi poin-poin dari materi tersebut dan menyiapkan presentasi untuk dipaparkan di depan kelas. Setelah semua kelompok menyelesaikan diskusi dan menyussun hasilnya, mereka bergiliran mempresentasikan temuan mereka. Guru kemudian memberikan umpan balik untuk menilai sejauh mana siswa memahami materi yang sudah dipelajari. Kedua: Kenadala yang dihadapi guru terhadap materi Daulah Abbasiyah pada pembelajaran SKI siswa kelas VIII MTsN 1 Pamekasan yaitu Ketidakaktifan beberapa siswa dalam kerja kelompok, dimana hanya beberapa siswa yang benar�benar aktif sedangkan yang lain kurang berpartisipasi selain itu, beberapa siswa cenderung bermain-main atau tidak fokus saat mendengarkan cerita

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:43
Last Modified: 07 Feb 2025 02:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7880

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item