Safarina, Awalinda Nur (2024) Penerapan Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Asy Syuhada’ Pamekasan,. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_SAMPUL_PAI.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_LEMBAR PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_LEMBAR PENGESAHAN_PAI.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_Abstrak_PAI.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_BAB 1_PAI.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_BAB 2_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_BAB 3_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_BAB 4_PAI.pdf Download (697kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_BAB 5_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Awalinda Nur Safarina_20381012078_KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (52kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih, Hasil Belajar. Pada pembelajaran Fiqih sebagaian besar anak kelas 1 Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Asy Syuhada’ Pamekasan mengalami kesulitan dalam memahamai penjelasan dari guru serta mengalami kesulitan menghafal. Oleh karena itu, solusi untuk mengatasi masalah ini dalam meningkatkan hasil belajar mereka adalah dengan memilih pendekatan alternatif melalui penerapan pembelajaran berbasis joyful learning. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi rumusana masalah dalam penelitian: yaitu 1) bagaimana penerapan pembelajaran berbasis joyful learning pada mata Pelajaran Fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Asy Syuhada’ Pamekasan. 2) bagaimana hasil belajar siswa dalam menggunakan pembelajaran joyful learning mata Pelajaran Fiqih di kelas 1 Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Asy Syuhada’ Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Asy Syuhada’ Pamekasan, yang berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini peneliti dan guru Fiqih melakukan kolaborasi/kerjasama untuk menentukan kriteria keberhasilan yang digunakan dalam pembelajaran. Data yang diperoleh peneliti yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis joyful learning pada mata Pelajaran Fiqih yaitu dengan mengemas materi rukun islam dalam bentuk lagu sehingga membuat siswa mudah memahmi dan mengingat tentang rukun islam. Hal ini tampak pada hasil tes menjawab soal pada materi rukun islam pada siklus I menunjukkan bahwa 25% siswa (5 orang) berhasil mencapai ketuntasan, sedangkan 75% siswa (15 orang) tidak mencapai ketuntasan, dengan rata-rata 54%. Sedangkan hasil tes menjawab soal pada materi rukun islam pada siklus II, presentase ketuntasan siswa adalah 85% (17 orang), sedangkan 15% (3 orang) tidak mencapai ketuntasan, dengan rata-rata 81%. Maka, upaya meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran fiqih dengan menggunakan pembelajaran berbasis joyful learning berhasil dibuktikan dengan peningkatan persentase hasil tes menjawab soal pada materi rukun islam dengan menggunakan joyful learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 02:43 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7881 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |